10 Mobil Yang Dinanti-nanti di 2016

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

AutoPlusID.com – Kita sudah tiba di tahun baru 2016. Tentu para APM telah menyiapkan calon-calon produk andalannya untuk masuk pasar tahun ini. Nah, disini kami akan merangkum 10 mobil yang ditunggu-tunggu konsumen untuk dijual. Langusng saja, mulai dari nomor satu.

Toyota Fortuner

Toyota Fortuner 2016 Indonesia

SUV bongsor ini direncanakan akan dijual resmi pada akhir Januari 2016. Sementara kini anda sudah bisa menyetor booking fee sebesar Rp 5 juta dan brosurnya pun sudah bocor. Fortuner direncanakan akan dijual dalam enam varian, dua pilihan mesin dan dua pilihan penggerak. Mesin yang digunakan adalah diesel seperti milik Innova, 2.393 cc VNT yang menghasilkan tenaga 149,6 hp dan mesin 2.7 merupakan mesin bensin 2.694 cc 163 hp Dual VVT-i. All New Fortuner akan dilepas ke pasar dengan harga mulai Rp 460-620 jutaan.

Mitsubishi Pajero Sport

pajero_sport

Mengikuti Fortuner, Pajero Sport juga akan diperbaharui total. Ia akan ditawarkan dalam empat tipe, dua pilihan mesin yakni mesin lama 4D56 2.477 cc 136 hp dan mesin yang baru 4N15 dengan VGT + Intercooler 2.442 cc 181 hp untuk tipe dakar, yang artinya naik 3 hp dari yang lama. Untuk tipe Dakar pula akan diberikan transmisi matik 8 percepatan dengan sport mode. Ditambah pula dengan fitur-fitur canggih, mirip-mirip Fortuner. Untuk harga diperkirakan juga tak jauh-jauh dari pesaingnya Fortuner.

Toyota Sienta

wp-1451306520160.jpeg

Sienta direncanakan akan dirakit di Indonesia, menggantikan Etios Valco di pabrik mereka untuk mengisi segmen antara Avanza dan Innova. Mobil yang berdesain unik ini di Tanah Air akan ditenagai mesin Vios, 1NZ-FE 1.498 cc 109 hp. Pintu automatic sliding door, desain unik dan kabin lega akan menjadi senjata utamanya untuk memikat konsumen. Di Indonesia, kami rasa harganya akan menjadi sekitar Rp 220-280 jutaan.

Mazda CX-3

Mazda-CX3

CUV yang diposisikan diantara Mazda 2 dan Mazda CX-5 ini juga mantap untuk dihadirkan di Indonesia demi melawan Honda HR-V, Ford Ecosport dan Chevrolet Trax. Mobi yang telah menganut bahasa desain Kodo Design ini direncanakan akan ditawarkan mesin 1.500 cc seperti Mazda 2 dan 2.000 cc milik CX-5. Untuk fitur, tinggal lihat saja fitur-fitur canggih yang dipunyai Mazda 2, akan dijumpai pada crossover ini. Harganya tentu akan berada di tengah-tengah Mazda 2 dan CX-5, atau tak jauh dari rivalnya Honda HR-V.

Nissan All New Grand Livina

Mobil yang dimasa jayanya dihadikan rebutan oleh para kepala keluarga di Tanah Air ini sedang disiapkan untuk debutnya yang diduga pada bulan Maret 2016. Desakan dari kompetitor membuat penjualannya terus menurun, sehingga tentunya harus dilakukan langkah tanggap dari Nissan. Tidak diketahui secara pasti tampang mobil ini maupun basis dan mesin yang akan dipakainya. Tapi cukup jelas bahwa mobil ini akan dijual dengan mesin 1.500 cc. Harganya bisa dipastikan naik, namun karena ubahan yang dilakukan tidak bisa diketahui pasti maka kenaikan harganya juga masih abu-abu.

 

Honda Stepwgn

step_wgn

Rival Nissan Serena ini kemungkinan juga dibawa oleh PT. Honda Prospect Motor dengan modal muka cakep serta nama baik Honda yang sudah tersohor seantero negeri. Ditenagai mesin 2.000 cc 150 PS dan 193 Nm yang disalurkan ke transmisi CVT 5 speed dan diteruskan ke roda depan. Keunggulan mobil ini ia adalah satu-satunya MPV box (diantara Nissan Serena, Mazda Biante dan Toyota Nav1) yang bangkunya bisa dilipat rata. Namun sikap HPM masih belum tegas untuk me-launch mobil ini di Tanah Air.

Renault Lodgy

renault_lodgy

Lodgy sudah ditampilkan di gelaran GIIAS 2015, dengan janji akan dilempar ke pasar pada tahun berikutnya. Calon pesaing Avanza Veloz ini diyakini akan dibanderol seharga Rp 200 jutaan. Mobil rakitan India ini ditenagai mesin 1.500 cc K9K seperti milik Duster. Dengan kabin luas dan konsumsi BBM yang irit meyakinkan Renault untuk mendatangkan LMPV ini. Tapi kami sih tidak yakin mobil ini akan laris, brand image Renault masih belum kuat sehingga banyak yang tak berani beli.

Datsun GO-Cross

go_cross

Bulan Oktober 2015, Datsun merilis foto-foto mobil konsep GO-Cross yang jelas-jelas berbodi Datsun GO+ Panca, namun diperi sentuhan mobil konsep. Diduga mereka akan meluncurkan GO+ dengan sentuhan crossover pada 2016. Selain itu tidak banyak diketahui informasi lainnya tentang mobil ini.

Masih di merek yang sama, Datsun berencana meluncurkan versi produksi Datsun Redi-GO pada Februari 2016. Dengan mesin 800 cc, sulit rasanya mobil tersebut diboyong juga ke Indonesia menjadi adik Datsun GO Panca.

Toyota Agya/Daihatsu Ayla MPV

ufc_3

Sinyal munculnya kedua mobil ini sebenarnya sudah muncul dari dipajangnya mobil konsep UFC I pada IIMS 2013 dilanjutkan dengan UFC II an UFC III pada IIMS 2014 dan GIIAS 2015 secara berturut-turut. Mereka berdua kemungkinan akan diberi nama baru dan tetap masuk program LCGC pemerintah. Mesinnya akan menggunakan milik Etios Valco, 1.200 cc 79 hp demi menghela beban ekstra. Namun bila ingin tetap masuk dalam program LCGC, panjang mobil ini tidak boleh melebihi 4 meter, yang tentunya merupakan tantangan tersendiri bagi Daihatsu.

Mazda MX-5 Miata

mazda_mx5

Convertible yang sukses merebut hati konsumen di Jepang, Eropa dan Amerika ini juga rencananya akan didatangkan oleh PT. Mazda Motor Indonesia untuk menggantikan generasi sebelumnya yang mulai menua. MX-5 yang sudah menganut desain Kodo dan mesin Skyactiv ini di Jepang memiliki dua pilihan jantung pacu yakni 1.500 cc dan 2.000 cc. Perlu diketahui, mobil soft top ini pernah menggondol Guinness Book of World Records 200 sebagai mobil sport terlaris.

About Andra Febrian 80 Articles
Kenal dunia otomotif sejak 2006 dan mulai menulis dari 2012. Katanya jago photoshop, dan kurang paham mobil mahal.