Akhirnya Honda Brio Facelift Resmi Diluncurkan!

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

AutoPlusID.com – Setelah berita dari mobil ini sudah banyak kebocoran dan menyebar, akhirnya mobil ini resmi diluncurkan Honda pada event IIMS 2016. Lantas, apakah semua kabar kebocoran fitur dan tampilan benar adanya? Mari kita simak lebih dalam, tetapi sebelumnya saya akan jelaskan sedikit skema perampingan varian dari Brio.

New Brio saat ini hanya tersedia dalam varian mesin 1.200 cc, varian A dari Brio Satya dihapus, dan varian Brio non satya dihilangkan seluruhnya lalu digantikan oleh Brio RS. Ini menjadikan brio hanya memiliki 3 varian yaitu Satya S & E serta Brio RS, dimana Satya S tak mendapat varian CVT.

unspecified4

Kita mulai dari varian Satya, New Brio Satya kini memiliki grill menyambung dengan headlamp dan bumper baru yang terasa sangat identik dengan Honda Mobilio. Mungkin ini terdengar aneh, dimana pabrikan lain memperlakukan mobil yang memiliki basis serupa dengan menambahkan part pembeda, sementara di New Brio malah kebalikannya yaitu di identikan dengan saudara sebasisnya yaitu Honda Mobilio.

Mari geser ke samping, terlihat perbedaan mencolok pada velgnya yang kini memakai alloy 6-spoke berdesain baru khusus Brio Satya. Bergeser ke belakang ternyata perbedaan hanya terletak pada kombinasi stoplamp baru dan sisanya akan sama dengan Brio Satya sebelumnya.

unspecified3

Perbedaan yang paling kentara bisa kita temukan pada interior, dimana Honda telah mempensiunkan dashboard ‘buruk rupa’ dan mengantinya dengan dashboard berdesain seperti Mobilio atau BR-V. Dan untuk semua varian telah mendapatkan AC digital dan head unit 2-DIN.

21

Lalu kita beralih ke Brio non Satya alias New Brio RS yang kini menjadi satu-satunya varian Brio non LCGC. Letak perbedaan varian RS dari depan ialah penggunaan headlamp milik Mobilio RS, grill berlogo RS.

Bergeser ke samping kita mendapatkan pelek berdesain multi spoke dengan aksen two tone dan berdiameter lebih besar, dan di belakang kita mendapatkan aksen sewarna body pada kaca bagasi sama seperti Brio minor change yang dirilis pada GIIAS 2015 silam. 

unspecified2

Di interior, varian RS mendapatkan sentuhan full black dan pattern jok baru. Turut disematkan juga Audio 6.1 inch seperti Mobilio, dan dikelilingi aksen piano black. Oh ya, sekarang Brio dilengkapi steering switch control hingga ke varian Satya E. Sayangnya apabila anda memperhatikan dengan detail, kualitas plastik dari dashbord baru ini cenderung kasar meski finishingnya saya akui sudah cukup membaik.

Oke, setelah berpanjang lebar seperti ini, mungkin anda bertanya apakah mesin ada perubahan atau tidak. Ya, dari sisi tenaga memang mencatatkan figur yang membaik yaitu tenaganya menjadi 90 dk dan torsi 110 Nm yang dapat diraih di 4.800 rpm. Namun anda harus ingat bahwa naiknya tenaga juga dibarengi dengan penggantian transmisi otomatis menjadi CVT yang halus namun menahan tenaga, jadi kami merekomendasikan apabila anda ingin menikmati tenaga New Brio seutuhnya, maka ambil varian yang manual.

Lantas untuk masalah harga? Brio Satya S dibanderol Rp 129 jutaan hingga varian Brio RS CVT yang dibanderol Rp 175 jutaan belum termasuk warna pilihan dan paket cermat perawatan. Wow, gila juga ya harga Brio sekarang! Apa pendapatmu? sampaikan di komentar.

Nantikan terus liputan mobil-mobil baru kami live dari IIMS 2016!

About Adrians Ramadhani 15 Articles
Seorang pemuda yang tertarik akan dunia otomotif dan teknologi yang dimulai saat ia duduk di bangku SD.