Akuisisi Proton : Ketika Kejayaan Proton Sirna Di Tanah Sendiri

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

AutoPlusID.com – Pada hari Jumat (26/05/2017) Geely Holdings akhirnya menjadi pemilik resmi saham Mobil Nasional asal tanah Melayu Proton (Perusahaan Otomotif Nasional) dengan komposisi pembagian saham 50,1 % milik DRB HICOM dan 49,9 % milik Zhejiang Geely Holdings. Kepemilikan saham Proton ini sudah menjadi simpang siur dalam beberapa waktu terakhir dimana Proton sedang mengalami kebuntuan dalam Investasi di bidang otomotif belum lagi pemerintah sudah mencabut Insentif untuk Proton dimana Proton selalu mendapatkan kompensasi dari pemerintah.

Dalam momentum tersebut ada Investor asing yang melirik saham tersebut sebelum dimenangkan oleh Zhejiang Geely Holdings, PSA Group juga melirik Proton sebagai salah satu kekuatan strategis nya setelah pengakuisisian Opel pada April silam. Hingga saat ini DRB Hicom masih menjadi pemilik saham mayoritas Proton Holdings Berhad, dan untuk Bisnis dan manajemen walaupun Geely sudah mengakuisisi namun dalam struktur Manajemen, DRB Hicom tetap memiliki hak penuh atas setiap pengambilan keputusan maupun perencanaan strategis Proton di masa mendatang.

Exora-Prime-exterior2

Kami selalu melihat bahwa Proton merupakan salah satu keberanian dari Malaysia yang menginginkan negaranya sebagai Negara Industri dan memiliki visi untuk maju, pada zaman dahulu titik awal dimana Proton merintis karir sebagai salah satu perusahaan otomotif ketika ia merebadged produk dari Mitsubishi, lalu pindah kerjasama ke Lotus terutama dalam hal pengembangan produk, ia selalu mengandalkan Lotus engineering sebagai salah satu Corporate Identity mereka hingga saat ini, termasuk mesin CamPro CPS dengan Turbo yang merupakan buah tangan kerjasama Proton dan Lotus.

Selain itu, Proton selalu menginginkan bahwa orang Malaysia bangga punya Proton, tak ayal jika dahulu mereka menggembar gemborkan seorang fresh graduate sudah bisa punya Proton. Walaupun begitu, kami harus akui bahwa mereka membuat sebuah mobil bukan berdasarkan permintaan atau kebutuhan, melainkan terkadang berdasarkan idealisme mereka dalam mengembangkan produk sehingga produk tersebut hanya diminati di Negaranya saja, terlepas ia sudah mengglobal namun penjualan diluar Malaysia nya saja tergolong mengecewakan bahkan lebih buruk dibandingkan jumlah penjualan Ford saat mereka sebelum dihentikan operasionalnya di Indonesia.

2015-proton-iriz-5

Saat ini Proton sedang dalam masa surutnya dikarenakan penjualan dari merek ini terus mengalami penurunan bahkan sekalipun sudah dikalahkan oleh Honda yang notabene produk asing, belum lagi Perodua semakin hari terus mengalami peningkatan yang cukup ekspansif dalam penjualan mobil di Tanah Melayu tersebut. Selain itu, Proton juga saat ini harus bertanggung jawab untuk Suzuki pasca pemberhentian operasional mereka di Malaysia. Belum lagi, Proton mungkin saja akan menambah lini produk mereka dengan produk Suzuki yang di rebadged seperti Proton Ertiga yang merupakan produk CBU dari Indonesia.

Seiring dengan pendanaan investasi eksternal sebanyak 49.9 persen secerah harapan untuk Proton dalam rencana kedepan mereka pasti akan terealisasi, belum lagi keinginan Proton untuk kembali ke WRC pun terwujud seiring investasi baru ini, selain itu rencana Proton merancang SUV pun juga akan terwujud karena Proton sudah memimpikan hal tersebut sejak lama dan kemungkinan Proton akan merebadge Geely Boyue untuk produk mereka atau SUV Proton akan menggunakan basis dari Geely Boyue, termasuk generasi kedua Proton Exora yang sudah dinantikan publik Malaysia.

new-proton-saga

Secerah harapan dan asa sudah menanti Proton, Tinggal bagaimana realisasi mereka dan apakah kehadiran Investor baru ini mampu mengembalikan masa kejayaan mereka? Patut ditunggu karena kehadiran Investor baru nantinya akan mewujudkan visi mereka yang sudah mereka rencanakan. Bagaimana pendapat kalian? Silakan coret-coret dikolom komentar ya!

About Reyhan Apriathama 159 Articles
Seorang Test Driver penggemar yang suka dengan German Engineering dan masih berstatus single. Suka banget sama SUV dan Double Cabin apalagi buat kepentingan roadtrip.