Apa Kabar Proton Indonesia?

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

AutoPlusID.com – Kabar yang jarang datang dari pabrikan otmotif asal negeri Upin & Ipin, Malaysia, yakni Proton Edar Indonesia. Pasalnya, sejak hampir 6 bulan terakhir ini Proton Edar Indonesia jarang terdengar beritanya di media otomotif Indonesia ini. Apakah Proton Edar akan hengkang dari Indonesia?

Menurut berita-berita yang terdengar, Proton Edar sudah hengkang dari Indonesia, ditandai dengan 80% karyawan telah dirumahkan sehingga kini hanya tinggal 11 orang saja. Ibarat hidup segan mati tak mau, data Gaikindo mengungkap, wholesale Proton hanya mencapai 155 unit per Oktober tahun ini. Aktivitas distribusi dari pabrik ke dealerhanya terlihat pada Januari, itu pun jumlahnya hanya 63 unit.

Konon, stok Proton dengan jumlah sekira 600 unit masih mangkrak di gudang. “Tidak ada pergerakan penjualan,” bisik si sumber.

 

2015-proton-iriz-5

Tetapi pabrikan mobil asal Malaysia itu mulai buka suara dan membantah kabar tersebut.

Presiden Direktur PEI, Noraman bin Kardi menegaskan Proton tidak akan hengkang dari bursa mobil Indonesia. Akan tetapi ia membenarkan bahwa pihaknya telah melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap sejumlah karyawannya untuk efisiensi.

“Memang benar ada restrukturisasi di perusahaan kami. Langkah efisiensi ini ditempuh perusahaan untuk mengantisipasi situasi ekonomi,” ungkap Noraman.

Kendati demikian, ia menjamin layanan purnajual serta ketersediaan suku cadang untuk mobil Proton di Tanah Air tetap aman hingga beberapa tahun ke depan. Selain itu, alasan PEI melakukan efisiensi diduga karena pabrikan yang disebut-sebut bakal menggarap mobil Esemka itu mengalami penjualan yang seret.

Kita tunggu saja kepastian dari bos PEI sendiri.

About Rimang Nandiwardhana 6 Articles
Video Coordinator sekaligus pecinta dunia otomotif terutama ya pastinya mobil, kadang-kadang suka ngebut meskipun takut bensin cepat abis. Kalau mau tau siapa saya cek IG : rimangan.