Audi A4 B9 Quattro : The Gadgetgeek Petrolhead

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

 

AutoPlusID.com – Berbicara soal sedan premium kompak memang sudah pasti anda mengenal Mercedes-Benz C-Class dan juga BMW Seri 3. Tapi sebenarnya masih ada satu nama lagi yang tidak kalah menarik untuk dipinang, yaitu Audi A4. Ketiga mobil tersebut merupakan sedan kompak premium memiliki persaingan yang sangat sengit di eropa. Mengapa? Karena ketiga mobil tersebut memiliki daya tarik yang sama kuat dikelasnya. Selain itu, sedan premium kompak juga tidak hanya diakui sebagai simbol kemapanan saja, tetapi juga sebagai mobil yang memiliki kedinamisan berkendara yang sangat baik dan juga dapat digunakan sehari-hari tanpa harus menggunakan jasa pengemudi.

Persoalan saat ini adalah apakah Audi A4 mampu menyaingi Mercedes-Benz C-Class ataupun BMW Seri 3 yang memiliki penggemar yang sangat banyak dan dapat dipercayai sebagai tulang punggung penjualan mereka. Dengan hadirnya Audi A4 B9 apakah ia mampu mengalahkan supremasi kekuatan BMW maupun Mercedes-Benz? Mari kita bahas.

Desain Eksterior

_DSC0008
Tampak depan terlihat tegas dengan single frame khas Audi namun terlihat ikonik dengan penyematan lampu full LED

Berbicara soal basis, mobil ini memiliki basis yang berbeda dibandingkan Audi B8, ia menggunakan basis VW MLB yang terbaru dan juga digunakan oleh Audi Q7. Jika melihat sekilas wajahnya desain eksterior mobil ini tergolong manis, ia mungkin tidak akan segagah BMW seri 3 atau se-elegan Mercedes Benz C -Class tetapi desainnya lebih mengarah kepada keindahan.

Keindahan tersebut dapat dibuktikan dengan penyematan lampu LED berbentuk letter Z yang sangat indah jika dilihat pada malam hari dan bahkan lampu ini juga lebih canggih jika dibandingkan dengan Intelligent Light Systems yang disematkan oleh C-Class. Grill depan mobil ini sedikit lebih besar dibandingkan pendahulunya B8 dan memiliki garis-garis yang lebih simetris sehingga mobil ini terlihat lebih elegan dan manis dibandingkan pendahulunya yang lebih terlihat gagah.

Menengok ke samping mobil ini memiliki dimensi lebih panjang yaitu 2.3 cm dan juga mobil ini memiliki atap yang terlihat sedikit lebih landai padahal tinggi B8 dan B9 masih sama. Tetapi, mobil ini dari samping justru memiliki perawakan yang agak sedikit konservatif, namum mobil memiliki downforce yang lebih baik lagi dan coefficent drag yang minim, faktor tersebut menjadikan mobil ini semakin jauh berbeda dibandingkan Audi A4 B8.

Walaupun tampak samping terlihat konservatif namun minim coefficent drag sehingga lebih aerodinamis
Walaupun tampak samping terlihat konservatif namun minim coefficent drag sehingga lebih aerodinamis

Dan di bagian belakang mobil ini memiliki lampu yang lebih memanjang lagi dan juga terdapat LED yang sangat indah jika dinyalakan karena memiliki sudut garis yang tidak putus. Selain itu di bagian bawah terdapat dua diffuser yang tidak hanya untuk faktor estetika saja tetapi juga untuk arus keluar masuk udara agar memiliki performa yang lebih baik lagi.

_DSC0015[1]
Lekukan LED lampu belakang ini sangat indah jika dimalam hari

Penilaian Desain Eksterior : ***

Desain Interior

Kualitas material premium yang sangat baik walaupun desainnya dibuat Modern Minimalis
Kualitas material premium yang sangat baik walaupun desainnya dibuat Modern Minimalis

Desain interior dari Audi A4 B9 kali ini ia memiliki desain yang modern dan minimalis. Mengapa modern? Karena desain interiornya dibuat secara modern karena terdapat sebuah panel instrumen di tengah yang informatif dan mengikuti perkembangan zaman. Panel instrumen tersebut dinamakan Audi Multimedia Interface. Sistem multimedia tersebut tidak hanya bersifat hanya untuk musik dan radio saja tetapi juga dilengkapi oleh Audi Drive Select, navigasi satelit, bahkan Apple Car Play dan Android Auto juga sudah hadir di mobil ini sebagai standar dan menancapkan Audi A4 sebagai mobil pertama yang dijual di tanah air dengan opsi tersebut. Mobil ini juga dilengkapi oleh WiFi Hotspot in car dengan konektivitas LTE Cat 4. Untuk navigasi nya juga dapat terintegrasi dengan Audi Virtual Cockpit yang sangat modern seperti hal nya sebuah Audi Q7 yang pernah saya ulas, namun untuk yang Virtual Cockpit baru akan hadir pada acara GIIAS 2016, sementara unit tes kami menganut Semi Virtual Cockpit yang sudah sangat praktis. Multimedia yang modern juga dibarengi oleh tata suara yang berkualitas tinggi buatan

Bang and Olufsen. Menurut saya, kualitas audionya sangat luar biasa dan menjadi tata suara yang di kelasnya terlebih ia dilengkapi dengan 19 speakers dengan 755 watt amplifier. Oh iya, untuk Virtual Cockpit nya nanti sudah didukung oleh chipset dari Nvidia Tegra layaknya sebuah tablet.

 

Walaupun masih menggunakan semi Virtual Cockpit tetapi tetap terasa "convinience"
Walaupun masih menggunakan semi Virtual Cockpit tetapi tetap terasa “convinience”

Dengan segala teknologi yang bersifat modern yang ada pada mobil ini, tetapi segala kontrol dan tata interior tetap dibuat secara minimalis dan pengoprasian nya tidak terlalu rumit, walaupun begitu anda tetap harus membutuhkan penyesuaian jika anda memutuskan untuk membeli mobil ini untuk menggantikan tunggangan anda yang sebelumnya. Di dalam interior tersebut hanya terdapat sebuah transmisi, tombol pengontrol untuk mengatur Audi MMI dan kontrol Ac triple zone. Untuk di bagian kemudi setir nya sudah dilengkapi oleh cruise control dan paddleshift yang mampu meningkatkan pengalaman berkendara.

Berbicara soal kelapangan kabin di bagian depan posisi duduknya tergolong ergonomis dan cukup rendah sehingga terasa menyenangkan. Sementara di bagian belakang ruang kaki nya yang tergolong paling lega, walaupun hampir semua rivalnya memang tergolong terbatas tetapi masih ada sedikit ruang yang cukup lega terlebih ia memiliki overhang terpanjang diantara rivalnya dari Jerman.

Desain Interior : ****

Performa

wp-1466062078516.jpg
Performa mesin 2.0 TFSI berpenggerak Quattro nya sangat impresif

Berbicara performa, Unit tes yang kami gunakan bermesin 2.0 TFSI bertenaga 252 Hp pada 5000-6000 RPM dengan torsi 370 Nm sejak putaran 1600-4500 RPM. Besaran tenaga tersebut disalurkan pada keempat rodanya terlebih ia menggunakan penggerak “Quattro”. Transmisi yang digunakan adalah transmisi kopling ganda tujuh percepatan S-Tronic. Lantas, dengan spesifikasi yang cukup masif, bagaimana performa dari A4 B9 Quattro ini? Mobil ini memiliki performa yang sangat impresif terlebih mobil ini mampu berakselerasi dari diam hingga 100 Km/jam dalam tempo 5,9 detik dan itu adalah yang tercepat diantara rivalnya, untuk kecepatan maksimumnya adalah 250 km/jam dengan pembatas kecepatan. Sementara konsumsi BBM nya ia mencetak 14.8 Km/l di jalan bebas hambatan sementara rute dalam kota mencetak 10,8 Km/l. Transmisi S-Tronic dari A4 ini memiliki peran yang sangat penting dalam urusan performa nya yang sangat impresif. Namun, ada satu keistimewaan dari mobil ini yaitu penggerak Quattro dari mobil ini ialah satu satunya dikelas small luxury sedan.

Untuk soal pengendalian mobil ini sangat dinamis karena berkat penggerak empat roda nya. Karakter nya tergolong dewasa dan pas, walaupun ia belum setajam seri 3 namun masih “Acceptable”. Sayangnya, Feedback dari setir agak hambar sehingga sedikit mengurangi keasyikan mengemudi terutama pada mode comfort dan efficency. Mode berkendara pada Audi A4 B9 Ini dilengkapi lima buah yaitu, efficency,comfort,dynamic,individual dan auto yang dapat dioperasikan melalui Audi Drive Select.

Performa : *****

Fitur Keselamatan

Berdasarkan hasil euroncap mobil ini memiliki hasil yang sangat memuaskan dengan skor bintang lima dengan komposisi 90 persen penumpang dewasa, 87 persen anak-anak,dan 75 persen bantuan fitur keselamatan dan pejalan kaki. Untuk fitur keselamatan mobil ini sudah dilengkapi 8 buah kantung udara, ABS, EBD, EBA, ASR, dan Hill Start Assist merupakan fitur standar pada mobil ini. Selain itu, mobil ini sudah dilengkapi oleh secondary brake assist yang mampu membantu mobil untuk memperlambat kendaraan setelah mengalami tabrakan dan mampu mengaktifkan rem darurat sampai mobil berhenti total dan kendali tersebut dapat diambil alih oleh pengemudi.

Fitur Keselamatan : *****

Harga

Mobil ini nanti dibanderol pada range harga Rp 950 juta untuk penggerak roda depan dan untuk unit tes yang kami gunakan adalah tipe Quattro berharga 1.2 milyar. Harga tersebut tergolong sangat mahal dikelasnya mengingat rival nya seperti BMW 330i dan C250 AMG memiliki harga yang lebih murah dengan resale value dan aftersales yang lebih baik dibandingkan Audi. Tetapi harga tersebut sudah tergolong wajar dengan beberapa asumsi, pertama adalah faktor Pajak Bea masuk dari benua eropa yang tergolong sangat tinggi sehingga harganya menjadi tidak kompetitif. Selain itu, banyaknya opsi yang tidak dimiliki oleh kompetitornya menjadi alasan kedua mengapa mobil ini memiliki harga yang sedikit lebih mahal dibandingkan pesaingnya.

Kesimpulan

20160614_135901

Memang mobil ini memiliki banderol yang cukup mahal, tapi dengan melihat segala fitur yang ia usung, mobil ini sebenarnya bukan hanya untuk petrolhead yang cinta akan otomotif tetapi juga mobil ini diciptakan untuk seorang gadgetgeek, dimana saat ini perkembangan otomotif akan sejalan dengan perkembangan gadget dan kedua hal tersebut juga saling mendukung satu sama lain.

Kelebihan

  • Penggerak Empat Roda
  • Sistem Multimedia
  • Audio
  • Performa
  • Virtual Cockpit
  • Pengendalian

Kekurangan

  • Harga
  • Desain Konservatif
  • Feedback setir
  • Belum dilengkapi Sunroof
About Reyhan Apriathama 159 Articles
Seorang Test Driver penggemar yang suka dengan German Engineering dan masih berstatus single. Suka banget sama SUV dan Double Cabin apalagi buat kepentingan roadtrip.