Fiat Mobi Hatchback Diluncurkan Di Brazil, Yuk Simak Detailnya!

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

AutoPlusID.com – Fiat Motomobi, maaf maksud kami Fiat Mobi. Mobil ini mungkin terdengar sangat asing disini. Tetapi, diluar sana, Fiat Mobi sudah berkali-kali tertangkap kamera sedang dites dijalanan, dengan kamuflase tentunya. Hingga akhirnya, Fiat pun meluncurkan Mobi di Brazil pada hari ini.

Fiat Mobi terdiri atas 6 varian. Varian tersebut adalah Easy, Easy On, Like, Like On, Way dan Way On yang akan menjadi varian flagship dikubu Fiat Mobi. Varian Easy memiliki fitur yang sangatlah minim. Varian ini hanya mendapatkan spion dan handle pintu hitam, grill hitam polos, emergency stop signal, lane change warning system dan kursi belakang split folding.

image

Varian Easy hanya memakai ban berukuran 165/70 R13 inci dengan velg kaleng dibalut dop. Lalu, divarian Easy On, kita baru akan mendapatkan AC, power steering dan tilt steering. Divarian Like, Mobi akan mendapatkan handle pintu dan spion sewarna body, black out pillar, grill dengan warna glossy. Divarian ini pula, kita baru akan mendapatkan power window dengan fitur lock, trip computer, remote key, dan wiper belakang dengan fitur defogger.

image

Beranjak ke varian Like On, kita akan mendapatkan sensor parkir, foglamp, spion elektrik dengan pelipat elektrik dan turning signal, steering switch control, audio, cup holder dan divarian ini baru ada sabuk pengaman untuk baris kedua. Oh iya, Like dan Like On sudah memiliki velg alloy 14 inci dengan ban berukuran 175/65 R14.

image

Lalu, varian Way dan Way On yang menjadi flagship akan memiliki rupa berbeda dari ke empat saudaranya itu. Dikedua varian ini, mereka sudah memiliki velg 14 inci yang memiliki desain berbeda dari varian Like dan Like On. Selain itu, overfender dan roof rail pun juga sudah ada. Wheel archnya juga ditinggikan agar aura crossovernya lebih kental. Audionya pun juga lebih advanced dibanding varian lain.

image

Fiat Mobi menggunakan mesin bensin 1.0l 4 silinder yang mampu memproduksi tenaga hingga 73 hp dan torsi 93 nm. Khusus varian berbahan bakar ethanol, tenaganya mampu mencapai 75 hp dan torsi hingga 97 nm. Rival dari Renault Kwid ini, memakai transmisi manual 5 speed dengan format penggerak depan atau FWD. Klaimnya, Mobi menghabiskan waktu 14,3 detik untuk parameter akselerasi 0-100 km/jam dan topspeed 153 km/jam.

image

Hasil akselerasi diatas mungkin bisa kita maklumi saat kita melihat bobot dan perbedaan dimensi antara beberapa varian. Fiat Mobi memiliki rentang bobot yang cukup berat dari 907 kg – 966 kg. Lalu, jika varian Easy hingga Like On memiliki panjang 3.566 mm dan lebar 1.633 mm. Varian Way dan Way On sedikit lebih panjang dengan 3.596 mm dan lebar 1.685 mm. Efek dari peninggian wheel arch juga memengaruhi tingginya. Way dan Way On lebih tinggi 60 mm dari varian Easy hingga Like On yang hanya 1.490 mm.

image

Sayangnya, walau berdesain menarik, fiturnya terbilang sangat basic dan tak berbeda jauh dengan LCGC disini. Bahkan, power window belakang pun ditanggalkan demi menghemat biaya. Maklum lah, mobil ini memang masuk ke kategori mobil yang cukup murah.

Jika dikonversikan ke mata uang Rupiah, harga jualnya memang cukup murah. Mulai dari varian Easy yang dilepas sekitar Rp 117 jutaan hingga Way On yang berada dikisaran Rp 165 jutaan. Akankah masuk ke Indonesia? Bagaimana pendapatmu? Stay tune terus ya di AutoPlusID.com! Salam otomotif!

About Hanif Mulia Ramadhan 90 Articles
Seorang remaja tanggung yang sangat menyukai dunia otomotif sejak kecil dan bercita cita ingin menjadi desainer mobil. Sangat suka dengan mobil - mobil jdm yang sporty dan american muscle yang gagah.