Desain eksterior dari Xpander terlihat benar benar modern dan datang dari masa depan

First Drive : Mitsubishi Xpander Ultimate

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Setelah melihat impresi awal terhadap Mitsubishi Xpander saat diperkenalkan modelnya di akhir July 2017. Kini kami berkesempatan untuk mencoba pertama kalinya MPV baru andalan Mitsubishi ini dan juga nantinya diperkirakan akan menjadi basis dari Nissan Livina generasi kedua. Mobil ini secara tidak langsung tidak hanya membuat booth Mitsubishi yang terletak di Hall 8-9 ini sangat ramai sekali bahkan rasanya tidak ada ruang gerak yang layak untuk pengunjung sekalipun. Tidak hanya itu, walaupun PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia, telah menyediakan dua unit Xpander untuk diuji langsung kepada konsumen, nyatanya Mobil ini mempunyai antusiasme yang sangat tinggi untuk diuji oleh Pengunjung bahkan mereka rela menunggu cukup lama untuk sekedar merasakan calon LMPV Sejuta umat tersebut. Bagaimana rasa berkendara dan interior dari mobil ini, yuk kita simak!

IMG_4694__1502700405_110.138.85.95

Saat melihat kedalam interior dari mobil ini ada dua jenis warna dimana seluruh varian kecuali sport ia berwarna beige dan khusus untuk varian sport berwarna hitam dengan aksen karbon fiber. Walaupun begitu, kami melihat masih banyak material dengan jahitan palsu yang ada pada beberapa bagian dan sangat terlihat dan mudah dirasakan. Jika kami disuruh memilih kami akan memilih tipe sport dengan corak gelap karena mobil ini terlihat sangat mewah dibagian interior dan berkarakter. Sementara, khusus untuk varian ultimate telah dilengkapi oleh LCD monitor di tengah yang menambah kesan mewah.

Saat menduduki mobil ini, posisi duduknya terasa cukup ergonomis dengan hadirnya pengaturan ketinggian dan setir juga dapat diatur baik naik turun dan kedekatan setir terhadap genggaman tangan. Untuk panel instrumen, mobil ini dibagian MID nya khusus varian sport dan ultimate memiliki layar antar muka seperti Pajero Sport dan Outlander yang sudah memiliki layar TFT. Rasanya memang mobil ini tergolong mewah buat sekelas LMPV.

Daripada berlama-lama lebih baik kita langsung membahas impresi awal rasa berkendara dari Xpander. Xpander sendiri memiliki mesin berkode 4A91 dengan tenaga 105 Hp pada 6000 RPM dan torsi 141 Nm pada 4000 Rpm. Mesin tersebut disalurkan ke roda depan dengan dua transmisi baik manual lima percepatan maupun otomatis empat percepatan. Untuk di sektor kaki kaki mobil ini memiliki suspensi depan yaitu Mac Pherson Strut dan High Shape Torsion Beam di bagian belakang. Saat mengendarai mobil ini yang pertama kali kami rasakan bahwa respons gas tergolong cukup baik dan responsif terutama pada putaran atas tenaga nya seakan-akan terus mengisi di setiap Rpm nya, terlepas mesin dan transmisinya yang masih kovensional ini, namun menilai mobil ini walaupun diatas kertas bukan yang terbaik, tapi kami yakin mobil ini bisa memberi lebih dikelasnya. Selain itu, keasyikan berkendara dari Xpander juga tidak dapat diragukan lagi, pengendalian khas Mitsubishi yang menyenangkan dan presisi juga hadir di Xpander dan kami rasa mobil ini terasa sangat minim gejala limbung bahkan kami mengapresiasi para insinyur Mitsubishi yang berhasil memasukan teknologi dari Lancer Evo X ke Xpander ini. Belum lagi, hadirnya Active Stability and Traction Control (ASTC) juga menambah rasa aman saat mengendarai Xpander di jalanan. Walaupun memang, harus diakui suspensi nya bukan yang paling empuk dan nyaman tetapi cenderung kaku namun berkarakter bak sebuah mobil eropa.

Senyuman kami pun makin bertambah akan keheningan kabin dari mobil ini, bahwa mobil ini sepertinya memiliki tingkat Noise, Vibration, and Harshness (NVH) juga yang terbaik untuk sebuah LMPV, bahkan peredaman suara baik getaran mesin dan intrusi suara dari ban dapat diredam secara baik oleh LMPV ini.

IMG_4693

Sejauh ini, kami tidak ada kompromi terhadap LMPV besutan Mitsubishi ini, tinggal apakah mobil ini akan terus booming atau bahkan mobil ini mampu menjadi tulang punggung yang dapat diandalkan oleh Mitsubishi seiring kesuksesan Pajero yang menjadi tulang punggung kendaraan Mitsubishi selama delapan tahun terakhir? Biarkan waktu yang menjawabnya, dan kami berharap sekali untuk menguji Xpander ini dalam jangka waktu yang panjang untuk mengetahui lebih detil tentang mobil ini, oleh karena itu simak terus AutoPlusID untuk terus mendapatkan informasi terupdate tentang otomotif.

About Reyhan Apriathama 159 Articles
Seorang Test Driver penggemar yang suka dengan German Engineering dan masih berstatus single. Suka banget sama SUV dan Double Cabin apalagi buat kepentingan roadtrip.