First Impression Corolla Altis Facelift : Penyegaran Sang Ikon Dari Toyota

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

AutoPlusID.com – 2016 silam merupakan tahun yang spesial dimana Toyota Corolla merayakan usia nya yang ke-50 tahun. Sebagai wujud perayaannya Toyota akhirnya menyegarkan Mobil ini dengan melakukan sentuhan facelift. Apakah sama dan sesuai dengan brosur yang pernah dibahas pada beberapa hari terakhir? Mari kita simak!

Eksterior

1484658647229

Terlihat jelas bahwa mobil ini memiliki desain lampu yang lebih sipit dan dibandingkan dengan yang sebelum Facelift yang terlihat cukup sangar. Sementara desain lampu pada yang facelift ini lebih terkesan elegan dan lampu tersebut juga sudah dilengkapi sistem bi-beam LED. Sementara untuk lampu kabutnya masih dalam bentuk Halogen biasa. Sementara dari bagian samping tidak ada perubahan yang mencolok kecuali desain velg yang palangnya lebih sedikit sehingga terkesan lebih cantik, tegas dan senada dengan desain eksteriornya. Sementara di bagian belakang ada sedikit perubahan pada rear combination lampnya, yang terlihat lebih pipih dengan garis LED yang indah jika dilihat di malam hari, seperti pada Camry dan Fortuner.

Interior

1484658884148

Saya mengira akan berwarna kecoklatan, namun ternyata setelah dilihat bahwa warnanya hampir sama namun warna beige nya sedikit lebih gelap. Namun, jika kita sebagai orang awam akan terlihat sama saja. Namun untuk built quality nya cukup baik. Perubahan yang terjadi di dalam interior yang paling terasa adalah tombol ac fisik yang lebih presisi dan lebih mewah yang mengingatkan kita akan Toyota Camry walaupun masih single zone. Sementara audionya mirip seperti Toyota-toyota pada umumnya yang sudah dilengkapi fitur multimedia. Selain itu, sudah terdapat mode sport dan tombol ESC dan juga Cruise Control di balik lingkar kemudi.

Performa

1484658840909

Untuk urusan performa, mobil ini masih sama dengan Corolla Altis sebelum Facelift yaitu dengan mesin 2ZR-FE Dual VVT-i 1.800 cc bertenaga 151 Ps dan torsi maksimum 194 Nm yang disalurkan ke roda depan dengan pilihan transmisi CVT 7 Percepatan dan Manual 6 percepatan. Saya rasa tenaga tersebut tergolong cukup memadai untuk kebutuhan dalam kota.

Fitur keselamatan

1484658907900

Fitur Keselamatan mobil ini mengalami peningkatan yang signifikan dalam hal keselamatan. Utamanya karena di kedua variannya yaitu V dan G telah dilengkapi oleh kontrol kestabilan, dan khusus untuk tipe V mobil ini telah dilengkapi oleh tujuh buah kantung udara dan Emergency Brake Signal yaitu sistem lampu hazard yang berkedip ketika pengereman mendadak.

Segmentasi Pasar dan Harga

1484658862565

Mobil ini di segmentasikan untuk kaum kelas menengah keatas, dan rata-rata pengguna mobil ini adalah Eksekutif mapan yang menggunakan jasa supir sehari-hari. Sementara, secara komposisi penjualan masih di dominasi oleh pembeli korporat untuk kebutuhan armada operasional manajer di perusahaan, terlebih mobil ini memiliki harga yang cukup reasonable dan juga terbukti bahwa banyak perusahaan yang mengandalkan Corolla Altis sebagai armada operasional, termasuk Pemda DKI Jakarta yang memberikan kendaraan operasionalnya untuk anggota DPRD mereka. Untuk harga, mobil ini dibanderol mulai 422.1 juta (G M/T) dan 456,5 juta (V CVT)

Kesimpulan
Tidak ada yang salah pada mobil ini, mobil ini baik dan masih terasa ikonik di mata saya, namun yang salah adalah kebijakan pemerintah yang memberikan pajak yang tinggi terhadap sedan sehingga harga sedan di tanah air menjadi tidak kompetitif, padahal di negara tetangga seperti Singapore, Malaysia dan Thailand mobil ini memiliki populasi yang sangat banyak dan memiliki pajak yang cukup rendah. Saya rasa, melakukan facelift untuk mobil ini dinilai sudah tepat karena usia Corolla Altis generasi kesepuluh ini sudah menginjak usianya yang ketiga tahun.

Plus (+)
– Eksterior lebih cantik
– Fitur safety bertambah
– Tujuh buah airbag

Minus
– Hampir tidak ada perubahan sama sekali pada mesin dan interior mobil ini

About Reyhan Apriathama 159 Articles
Seorang Test Driver penggemar yang suka dengan German Engineering dan masih berstatus single. Suka banget sama SUV dan Double Cabin apalagi buat kepentingan roadtrip.