First Impression : Datsun Cross, LCGC Hypebeast

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

AutoPlusID.com – Datsun Cross memulai debutnya di Indonesia, kehadiran Datsun Cross ini diciptakan untuk memenuhi kebutuhan pasar Indonesia dengan mobil yang diciptakan untuk kebutuhan masyarakat Indonesia , karena mobil ini bisa memadukan kebaikan antara MPV dan SUV dengan banderol yang terjangkau. Ingin tau impresi awal kami tentang Datsun Cross. Let’s Check This Out.

Desain Eksterior

Desain Eksterior Nya Lebih Dewasa Dan Semakin Atraktif
Desain Eksterior Nya Lebih Dewasa Dan Semakin Atraktif

Walaupun menggunakan basis dari GO+ secara menyeluruh, karakter dari mobil ini terkesan jauh lebih berkarakter dan kekar. Mobil ini mempunyai attention to detail yang terasa jauh lebih mewah dengan beberapa detil seperti penggunaan lampu proyektor yang seperti angle eyes dan overfender maupun bumper protector yang tebal membuat mobil ini terasa kekar dan kian menarik. Pada bagian samping, Datsun Cross ini hampir sama seperti Datsun GO+ yang dikasih penampilan atletis dengan penggunaan profil ban yang lebih besar yaitu 175/65/R15. Dan di sisi belakang dari mobil ini yang terasa berubah hanya adanya penambahan wiper belakang dan rear crossguard yang menambah kesan atletis.

Desain Interior

Desain eksteriornya mirip, namun built qualitynya lebih baik dan Head Unit maupun Audionya juga cukup canggih khususnya dalam hal konektivitas
Desain eksteriornya mirip, namun built qualitynya lebih baik dan Head Unit maupun Audionya juga cukup canggih khususnya dalam hal konektivitas

Saat kami masuk ke Interior mobil ini yang kami rasakan pertama kali ialah desain interior yang masih sama seperti Datsun GO maupun GO+, namun yang kami rasa saat lebih jauh melihat kedalam ialah peningkatan built quality yang kian presisi dan adanya monitor lcd 6.9 inci yang mempunyai layar antarmuka yang terasa berkelas, bahkan bagi anda yang menggunakan iPhone tersedia juga siri eyes free. Posisi mengemudi dari mobil ini terasa lebih ergonomis dan kursi penumpng depan sudah terpisah sehingga menambah kesan mewah. Walaupun begitu bangku dari Datsun Cross ini masih menganut sistem “semi bucket” dengan bangku tanpa headrest. Selebihnya dibaris kedua dan ketiga masih sama persis dan kami tidak ada kompromi.

Posisi Rem Parkir kembali ke posisi yang normal dan terasa lebih ergonomis
Posisi Rem Parkir kembali ke posisi yang normal dan terasa lebih ergonomis

Performa Mesin

Ada hal yang cukup mengganjal bagi kami, mobil ini sama-sama menggunakan mesin yang serupa yaitu mesin tiga silinder 1.200 cc dengan tenaga mesin 68 Hp pada transmisi manual dan 78 Hp untuk transmisi otomatis CVT sementara torsi mesinnya sama, ialah 104 Nm. Kami menilai ada perbedaan pengaturan Ecu antara mesin dengan transmisi manual dan otomatis. Kedua mesin tersebut disalurkan ke roda depan yang sama seperti Datsun Go+ maupun Nissan March. Mesin ini tidak perlu diragukan lagi akan kehematan dan karakter performa di putaran bawah, apalagi mobil ini tersedia dalam transmisi CVT sehingga akan sangat efisien bahan bakarnya.

Fitur Keselamatan

Tersedia Vehicle Dynamic Control maupun Traction Control
Tersedia Vehicle Dynamic Control maupun Traction Control

Untuk fitur keselamatan, Datsun Cross ini kami rasa menjadi salah satu mobil yang cukup aman karena mobil ini dilengkapi fitur keselamatan yang sangat baik seperti ABS, EBD dan Brake Assist, Vehicle Dynamic Control maupun Traction Control, bahkan Brake Limited Slip Differential saja sudah tersedia di mobil ini. Jumlah Airbag dari mobil ini ada dua buah di bagian depan.

Harga

Datsun Go Cross dibanderol dengan harga mulai dari 163 juta OTR DKI Jakarta untuk varian transmisi manual dan 175 juta untuk varian bertransmisi otomatis CVT. Mobil ini siap diserahterimakan mulai bulan Maret 2018.

Kesimpulan

Pendewasaan produk untuk Datsun Cross kami rasa sangat berhasil mengingat mobil ini terasa jauh lebih value for money dan kualitas nya lebih solid. Harga dari mobil jujur saja bukan yang termurah, namun dengan fitur yang diusungnya, kami rasa harganya masih sangat Bargainning sekali untuk mobil ini, dan mobil ini nantinya akan langsung bersaing dengan Hyundai i10X maupun Suzuki Ignis. Rasanya kami tak sabar untuk merasakan mobil ini di jalan raya untuk kita lakukan test jalan.

Untuk mengetahui impresi lebih lanjut kunjungi Channel YouTube AutoPlusID karena dalam beberapa saat lagi kami akan memberikan First Impression kami tentang Datsun Cross. Oleh karena itu pastikan anda untuk mengunjungi Channel YouTube AutoPlusID.com.

About Reyhan Apriathama 159 Articles
Seorang Test Driver penggemar yang suka dengan German Engineering dan masih berstatus single. Suka banget sama SUV dan Double Cabin apalagi buat kepentingan roadtrip.