First Impression : Honda CR-Z Facelift

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

AutoPlusID.com – Semakin panasnya pertarungan dikelas mobil hybrid membuat Honda membenahi CR-Znya. Di luar negeri sebenarnya mobil ini kalah bersaing  karena harganya mahal. Di Indonesia? Malah jadi tunggangan anak muda yang duitnya segudang. Mobil ini sudah dirilis di Jepang beberapa waktu lalu, namun Honda Prospect Motor baru meluncurkannya di Indonesia kemarin. Kita lihat yuk perubahannya.

PicsArt_03-09-11.26.49

Exterior

Honda cukup serius dalam membenahi CR-Z rupanya. Item yang berubah cukup banyak. Yang terlihat di front fascia adalah bumper model baru. Modelnya mengikuti bahasa desain Honda terbaru, yaitu Solid Wing Face seperti yang dapat kita lihat di Honda HR-V. Terlihat keren, namun kurang terlihat futuristik. Agresif iya, futuristik nggak. Kami lebih prefer bumper model sebelumnya.

4150827-cr-z_011H-1200x658

Bumper belakang juga berubah. Aksen hitam di bumper cukup keren, namun tidak adanya spoiler membuat kurang agresif. Bagusnya ditambah ducktail. Peleknya mengikuti mode zaman sekarang, yaitu model pisau blender. Untuk versi Indonesia, menggunakan pelek di foto yang paling atas. Kami rasa peleknya kekecilan, kurang proporsional jadinya. 4150827-cr-z_025H-1200x1174

Sisanya masih sama. Handle pintu dan bagian body lain khas CR-Z masih sama seperti sebelum facelift. Menurut kami, kekurangan yang cukup besar ada di ukuran pelek yang kurang proporsional.

Exterior : 8,5/10

Interior

PicsArt_03-09-11.27.42

Perbedaan di interior paling terlihat di Electronic Parking Brake. Oh well, ini kan hybrid. Selain itu ada start-stop button. Vroom!

Permainan warna interior juga lebih berani di CR-Z ‘baru’ ini. Desain kisi AC di bagian penumpang mirip-mirip dengan Honda Freed. Sekarang CR-Z juga memakai audio touch-screen. Common parts? Jok bucket tetap dipertahankan di mobil ini. Posisi duduk menyenangkan khas Honda tetap dipertahankan di CR-Z. Enaknya, mobil ini visibilitas ke depannya cukup baik. Kalau mundur, sempit banget visibilitasnya. Mobil ini tidak terlalu praktis, cup holder tidak banyak dan glove box sempit.

Baris kedua? Jangan dihuni. Sempit. Posisi ‘duduk’nya lebih mirip jongkok daripada duduk.

Interior : 8/10

Engine

performance01_rotation_img

Mesinnya tidak ada yang berubah. Tetap 1.5 liter IMA (Integrated Motor Assist). IMA tidak bisa bekerja sendiri untuk menjalankan mobil, melainkan hanya bisa membantu mesin bensin untuk starter dan akselerasi.

Kami berharap CR-Z selanjutnya pakai VTEC Turbo seperti milik Civic Type R terbaru. Karena CR-X sebagai pendahulunya memakai mesin yang kencang dan legendaris, tidak seperti CR-Z baru ini. Masa’ mobil sportscar pelan?

Engine : 7/10

Overall

Mobil ini memang dibuat untuk bergaya. Bukan untuk tarik-tarikan di Sirkuit Sentul. Well, built quality mobil ini memang lebih baik dari Honda-Honda yang CKD. Kami merekomendasikan mobil ini untuk anda yang ingin bergaya saja di jalan. Jika Anda beli mobil ini, berpikir 2 kali ketika 86 atau Scirocco menantang anda di lampu merah.

Stay tune ya di AutoPlusID untuk berita dan review mobil selanjutnya. See ya!

About Veyvez Zatha 29 Articles
Petrolhead alias reviewer mobil yang nyasar ke dunia hitung-hitungan alias matematika. Penggemar sejati air-cooled Porsche. Cari dia di Instagram @veyvez