First Impression : Mini Cooper Countryman

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Mini Cooper Countryman merupakan salah satu Crossover terunik yang dijual saat ini di pasaran. Tidak hanya itu, Mini Countryman juga menjadi salah satu Produk Mini yang terlaris di jajaran Mini selain Mini Cooper tiga Pintu. Tak ayal jika pada generasi pertamanya Mini mendulang kesuksesan Countryman dengan penjualan sebanyak 550 ribu unit di seluruh Dunia dan untuk penjualan di Tanah Air memiliki perbandingan satu dari empat mini yang terjual diantaranya adalah Countryman. Lantas bagaimana, impresi awal kami terhadap Mini Cooper Countryman? Mari kita bahas.

Desain Eksterior

Desain bagian samping dan belakangnya lebih menyudut dan meningkatkan kesan berotot dan atletis
Desain bagian samping dan belakangnya lebih menyudut dan meningkatkan kesan berotot dan atletis

Secara Dimensi Mobil ini memiliki overhang yang lebih panjang 20 cm, lebar 3.5 cm dan wheelbase yang lebih panjang 7.5 cm jika dibandingkan dengan Countryman generasi pertama. Secara desain Mobil ini masih mempertahankan Karakter Mini yang sangat kental namun harus diakui Mobil ini menjadi tidak Mini lagi karena faktor dimensi yang cukup besar untuk sebuah Mini. Walaupun begitu, mobil ini memiliki desain yang lebih atletis dan berotot jika dibandingkan generasi Mini Countryman yang pertama. Selain itu, untuk meningkatkan identitas dari Countryman generasi kedua ini Mini memberikan aksen DRL dengan motif membulat yang tidak terputus dan terlihat sangat cantik dan berkarakter. Sementara di bagian samping dan belakang Mini Countryman generasi kedua memiliki lekukan yang lebih menyudut sehingga kesan berotot dan atletis nya pun kian terlihat.

Desain Interior

Perbedaan yang sangat mendasar ada di bagian tengah yang sudah dilengkapi layar sentuh
Perbedaan yang sangat mendasar ada di bagian tengah yang sudah dilengkapi layar sentuh

Secara desain panel Interior Mobil ini hampir sama dengan Mini yang lain dengan desain retro modern klasik. Namun ada sedikit perbedaan yaitu pada instrumen tengah nya yang memiliki layar sentuh yang mampu memudahkan akses Mini Connected yang syarat akan informasi. Layar sentuh ini merupakan pertama dijajaran seri Mini dan nantinya akan diterapkan di semua Varian Mini.

Hal yang sangat menarik pada Mini Countryman ini adalah posisi duduknya yang sangat pas di Bagian depan ia memang memiliki posisi yang sedikit tinggi namun visibilitas yang diberikan oleh mobil ini Sangat baik. Selain itu, posisi duduk belakangnya cukup lega untuk saya dengan postur tubuh besar dengan tinggi 180 cm dan bobot 92 kg. Belum lagi untuk tipe S juga sudah dilengkapi oleh panoramic sunroof yang menambah kesan luas di Mobil ini.

Performa

Mesin yang digunakan sama seperti Mini-mini yang lain, namun khusus untuk Countryman mobil ini memiliki perbedaan titik gravitasi
Mesin yang digunakan sama seperti Mini-mini yang lain, namun khusus untuk Countryman mobil ini memiliki perbedaan titik gravitasi

Mobil ini tersedia dalam dua Varian Mesin yaitu 1.500 cc 3 silinder twin turbo dengan tenaga 136 Hp dengan torsi 220 Nm Dan 2.000 cc 4 silinder twin turbo dengan tenaga 190 Hp dengan torsi 280 Nm. Untuk Countryman standar dengan mesin 1.500 cc tenaga disalurkan ke transmisi otomatis 6 percepatan dan untuk 2.000 cc tenaga disalurkan ke transmisi otomatis 8 percepatan. Kedua varian tersebut meneruskan tenaganya ke roda depan.

Fleksibilitas

Kursi baris kedua memiliki legroom yang cukup memadai untuk orang dengan tubuh besar
Kursi baris kedua memiliki legroom yang cukup memadai untuk orang dengan tubuh besar

Fleksibilitas dari Countryman ini patut diacungi jempol karena memiliki konfigurasi pelipatan 40;20;40 yang sama dengan saudara kandungnya BMW X1. Selain itu, kursi belakang dapat digeser secara longitudinal sepanjang 13 cm. Untuk volume bagasi Mini mengklaim dalam keadaan baris kedua terlipat rata adalah 1.390 L dan dalam keadaan tegak sebesar 450 L. Penambahan tersebut sebanyak 220 L dibanding generasi sebelumnya.

Harga Dan Memiliki

Mobil ini dibanderol dengan harga ritel 726 juta OTR DKI Jakarta (1.5 Cooper) Dan 951 juta OTR DKI Jakarta (2.0 Cooper S). Harga tersebut sudah termasuk Servis Inclusive selama 5 tahun dan asuransi Ban RFT Selama 3 Tahun. Sementara untuk opsi Head Up Display dan Picnic Bench akan dikenakan biaya opsional dengan harga khusus. Until Aftersales khusus DKI Jakarta Mini telah memiliki dua Jaringan Servis yang tersedia di Pondok Indah dan Sunter.

Kesimpulan

Jika melihat fungsi dan emosionalnya kami suka dengan Mobil ini karena Mini berhasil membuat sebuah SAV dengan desain yang eksentrik tanpa mengurangi esensi sebuah SAV. Selain itu, Mobil ini juga merupakan Mini yang paling propper jika digunakan sehari-hari. Bagaimana dengan pendapat anda? Silakan berikan kritik dan Saran di kolom komentar dibawah ini.

About Reyhan Apriathama 159 Articles
Seorang Test Driver penggemar yang suka dengan German Engineering dan masih berstatus single. Suka banget sama SUV dan Double Cabin apalagi buat kepentingan roadtrip.