First Impression New Honda Mobilio Facelift 2016

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

AutoPlusID.com – Pertarungan dikelas LMPV yang semakin panas membuat Honda melakukan penyegaran kepada LMPV andalannya, Honda Mobilio.

Penyegaran yang dilakukan Honda lebih fokus ke detail eksterior dan interior saja, sehingga mesin dan suspensi masih sama dengan versi non facelift. Lalu apa saja perubahan yang dilakukan Honda terhadap Mobilio Facelift? Simak ulasannya dibawah ini.

Type S M/T (Rp 180.500.000)

Honda Mobilio Facelift 2016 4

Perubahan yang dilakukan pada entry level Mobilio ini sangat sedikit di eksterior. Bahkan, bagi orang awam, mungkin akan bertanya tanya “apa sih bedanya?”. Tentu saja ada, yaitu desain spion yang mirip New Jazz menjadi pembeda. Diinterior, dashboard baru yang serupa New Jazz dan BR-V dengan warna two tone black dan beige membuatnya terlihat segar dan lebih mewah dibanding versi sebelumnya yang terlihat murahan.

AC nya kini sudah Climate Control dan dilengkapi Double Blower. Lalu ubahan lainnya ada pada audio yang sudah Double din walau belum touchscreen dan speedometer yang mirip Jazz dan BR-V menjadi pelengkap.

Type E M/T (Rp 201.000.000)

20160207084640

Perubahan yang dilakukan di eksterior type ini sama minimnya dengan type S. Namun perbedaan dengan type S diluar ada pada spion baru yang sudah terintergrasi dengan lampu sein. Selebihnya, ia sama dengan versi sebelumnya, terutama kaki kaki, mesin dan akomodasi.

Type E CVT (Rp 212.500.000)

Honda Mobilio Facelift 2016 2

Di type E CVT, perbedaan dengan type E M/T hanya di audio dan tentunya transmisi. Jika di E M/T audionya serupa dengan audio type S M/T, maka di type E CVT audionya serupa dengan type E Prestige dan RS dan sudah touchscreen berukuran 6,2 inch. Selebihnya ia sama dengan E M/T tentu dengan transmisi yang berbeda.

Type E Prestige (Rp 219.500.000)

Honda Mobilio Facelift 2016 1

Untuk type E Prestige, interior dan fiturnya sama persis dengan E CVT. Namun dieksterior, velgnya berbeda dengan type dibawahnya. Desain velg baru ini sepintas mengingatkan kita dengan velg Honda Freed generasi pertama dan secara keseluruhan, type ini masih identik dengan versi sebelumnya, contohnya aplikasi chrome yang cukup banyak dieksterior.

Type RS M/T dan A/T (Rp 224.500.000 dan Rp 234.500.000)

20160207084445

Khusus type RS, interiornya berwarna hitam. Menjadikannya lebih eksklusif dan sporty. Untuk audio, meski sama sama berukuran 6,2 inch dengan versi non facelift namun fitur headunitnya diklaim lebih canggih. Di eksterior, perubahannya hanya terdapat di spion yang menyerupai Jazz.

Kesimpulan

Overall, kami menilai apa yang telah dilakukan Honda sudah tepat. Desain interior lebih fresh dan tak berkesan murahan menjadi poin plus. Dan AC Climate Control tak hanya membuat nuansa modern dikabin, tetapi juga menjadi satu satunya dan dikelas LMPV.

Namun soal kualitas interior, kami masih belum bisa menilai bahwa apakah kualitasnya membaik atau justru sama saja. Sayangnya perubahan di eksterior sangat minim, tetapi syukurlah desain eksterior Mobilio ini masih belum usang dan cukup fresh.

Kini perihal harga, dengan kenaikan sekitar Rp 4 jutaan, kami merasa kenaikan itu cukup worthed karena apabila anda mengganti dashboard dan fitur fitur Mobilio lama ke baru jatuhnya malah lebih mahal. Bagaimana pendapatmu? Sampaikan dikolom komentar!

About Hanif Mulia Ramadhan 90 Articles
Seorang remaja tanggung yang sangat menyukai dunia otomotif sejak kecil dan bercita cita ingin menjadi desainer mobil. Sangat suka dengan mobil - mobil jdm yang sporty dan american muscle yang gagah.