First Impression : Toyota Agya

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

LCGC Hatchback besutan Toyota, yaitu Toyota Agya baru saja mengalami penyegaran di beberapa sektor baik Eksterior, Interior Dan Mesin, bagaimana First Impression kami terhadap Mobil ini? Yuk kita simak.

Desain Eksterior

Secara desain mobil ini kian proporsional dibanding Agya sebelum facelift
Secara desain mobil ini kian proporsional dibanding Agya sebelum facelift

Secara desain Mobil ini memiliki desain yang sang lebih ganteng dibanding Agya sebelum Facelift yang cenderung biasa saja. Pada bagian depan kita akan disambut dengan moncong yang mirip dengan Yaris versi Eropa atau Prius Aqua. Tapi kami menilai cenderung ke Prius Aqua karena lekukan sudutnya lebih mirip walaupun perawakannya seperti Yaris versi Eropa. Terus terang kami suka dengan eksterior depannya karena lebih gagah. Selain itu Toyota sudah menyematkan Agya dengan lampu Proyektor namun sayangnya belum dilengkapi oleh LED DRL tapi ia sudah dilengkapi dengan positioning lamp. Di Bagian samping hampir sama namun Desain velg khusus untuk 1.2 cc diubah menjadi Two Tone colour sehingga meningkatkan kesan sporty pada Mobil ini. Di Bagian belakang hanya ubahan reflektor Dan Lampu belakang yang sudah dilengkapi LED. Secara keseluruhan Desainnya jauh lebih membaik dibanding yang sebelum facelift.

lampu LED di bagian belakang adalah lampu LED terindah dikelas LCGC
lampu LED di bagian belakang adalah lampu LED terindah dikelas LCGC

Desain Interior

Nyaris tidak ada ubahan interior kecuali tombol setir dan head unit bluetooth
Nyaris tidak ada ubahan interior kecuali tombol setir dan head unit bluetooth

Tidak Ada perubahan yang spesifik di Interior kecuali motif Jahitan Jok yang sedikit lebih berwarna dibandingkan versi sebelum Facelift terdapat motif polkadot yang lebih segar. Sementara di bagian belakang sudah tersedia Seatbelt 3 Titik untuk meningkatkan keselamatan penumpang Dan juga Jok nya sudah dilengkapi oleh ISOFIX. Selebihnya posisi duduk dan kelegaan semuanya tidak ada perubahan sama sekali termasuk jok depan yang masih mengandalkan headrest yang menyatu, Kecuali untuk varian 1.200 cc ia memiliki pengubahan di sektor Audio yang sudah dilengkapi Bluetooth dan Tombol di Setir.

Performa

Menggunakan mesin 3NR-FE Dual VVT-i yang sama seperti Toyota Calya
Menggunakan mesin 3NR-FE Dual VVT-i yang sama seperti Toyota Calya

Untuk urusan performa mesin Toyota kini menyematkan mesin yang lebih bertenaga yaitu mesin 3NR-FE Dual VVT-i berkapasitas 1.197 cc dengan tenaga 88 Ps Dan torsi 104 Nm yang disalurkan ke roda depan dengan transmisi otomatis empat percepatan dan manual lima percepatan. Mesin dan transmisi tersebut disalurkan melalui penggerak roda depan. Selain mesin tersebut Toyota juga tetap mempertahankan mesin 1.0 cc lama mereka namun dengan imbuhan VVT-i. kami menilai mesin 1.200 cc in lebih potensial dan akan memiliki Karakter mesin yang lebih baik terlebih mesin ini memiliki empat Silinder.

Fitur Keselamatan

Untuk seluruh varian Agya telah dilengkapi oleh SRS Airbag, rem cakram berventilasi di bagian depan, seatbelt reminder, ISOFIX dan Seatbelt tiga titik. sementara untuk Immobilizer baru tersedia mulai varian 1.0 G dan untuk rem ABS+EBD hanya tersedia pada varian TRD-S.

Harga dan Rekomendasi

Mobil ini memiliki rentang harga antara 127an juta hingga 151,9 juta. Namun, jika melihat pada price list harga antar varian cenderung berdekatan. Tidak hanya itu, harga pada varian tertingginya pun juga berdekatan dengan Calya yang memiliki kenyamanan dan akomodasi yang lebih baik. Namun, jika melihat perbedaan dari segi harga kami mungkin akan merekomendasikan untuk mengambil varian tertinggi karena faktor perbedaan harga yang tidak terpaut jauh dan fitur yang lengkap.

Kesimpulan

Harus diakui bahwa mobil ini memiliki perubahan yang signifikan dibanding varian sebelum facelift, namun harga mobil ini yang awalnya masuk skema LCGC kini harganya sudah tidak murah lagi bahkan harga tersebut juga menuju ke pesaing-pesaingnya yang non LCGC. Walaupun begitu, kami sepertinya memprediksi bahwa varian mesin 1.200 cc bisa menjadi pilihan yang menarik mengingat mesin ini lebih proporsional dan performa nya akan lebih baik dibanding varian mesin 1.000 cc.

Kelebihan

  • Desain Eksterior
  • Mesin 1.200 cc
  • Fitur Keselamatan

Kekurangan

  • Desain Interior Minim Ubahan
  • Harga
About Reyhan Apriathama 159 Articles
Seorang Test Driver penggemar yang suka dengan German Engineering dan masih berstatus single. Suka banget sama SUV dan Double Cabin apalagi buat kepentingan roadtrip.