Honda Mobilio Facelift 2017 : Tambah Ganteng!

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

AutoPlusID.com – Setelah tahun lalu Mobilio diberikan penyegaran di sektor dasbor, kini Honda memutuskan untuk melakukan perubahan kosmetik  utamanya pada… kap mesin, lampu dan gril. Ya, Honda memutuskan untuk menghemat ongkos produksi dan R&D dengan menggunakan bumper lama, sehingga cetakan-cetakan bumper Mobilio di pabrik masih bisa terus dipakai.

Hal ini mengakibatkan tampilan bagian depan yang memicu perdebatan, mengingat proporsionalitasnya yang berkurang akibat usaha mereka untuk mempertahankan bumper dan fender. Namun ini patut diapresiasi, karena facelift ini mengurangi kemiripannya dengan Honda Brio. Dengan begitu, Mobilio semakin jauh dari bayang-bayang adiknya tersebut.

Lampu barunya kini lebih sipit, dan dipadukan dengan DRL LED. Sayang beribu sayang, di varian Mobilio RS lama kita akan dapat lampu projector + DRL LED, karena sejak facelift ini Honda tidak membedakan headlamp yang digunakan untuk tipe RS, kini tidak ada lagi projector di varian flagship tersebut. Kap mesin diubah bentuknya sehingga terlihat lebih tinggi. Hal ini membuatnya terlihat lebih kekar dan lagi-lagi membuatnya tak mirip lagi dengan Brio.

Tipe S dan E mendapatkan gril krom yang sebetulnya agak mirip dengan gril Honda BR-V. Sementara tipe RS diberi gril yang berbeda, serta diberikan finishing piano black layaknya… umm… Civic Type R? Ketinggian sih. Paling tidak layaknya Honda Brio yang sekarang. Tipe E dan RS sekarang dapat pelek yang baru, dan lucunya sebetulnya pelek mereka berdua sama, namun pelek yang dipakai Mobilio RS dicat two tone. Padahal sama. Satu lagi, bila anda membeli Mobilio RS warna oranye, atapnya berwarna hitam yang memberi kesan layaknya mobil beratap panoramic.

Masuk ke bagian dalam, tidak terlihat banyak perubahan. Yang paling kentara adalah kursi depan yang sekarang headrestnya dipisah, lagi-lagi menjauhkannya dari bayang-bayang Honda Brio. Di tipe S, perubahan yang paling kentara adalah interior yang kini berwarna hitam (jangan-jangan request spesial dari perusahaan taksi?), serta penambahan seperangkat alat sholat ABS dan EBD.

Bila anda memilih tipe E, anda kini akan mendapatkan interior yang kini berwarna putih gading alias ivory (tadinya beige), electric mirror dengan sein, serta kursi tengah reclining. Tipe CVT dapat lebih banyak lagi, karena dia diberikan sejumlah fitur yang tadinya ada di tipe Prestige yang sekarang sudah tiada, mulai dari head unit touchscreen berlayar 6,2 inci, kamera belakang, tombol audio setir serta garnish chrome di belakang. Kami kurang paham kenapa Honda cuma menambahkan fitur-fitur ini di tipe CVT-nya, bisa jadi maksud mereka adalah untuk melebur tipe E CVT dengan Prestige.

Tipe RS makin terasa nuansa flagshipnya, dengan tambahan fitur head unit touchscreen 6,8 inci, speedometer yang lebih sporty, retractable mirror, 6 speaker, AC digital yang sekarang punya fungsi auto serta seatbelt reminder buat pengemudi dan penumpang yang ada disebelahnya. VSC serta HSA juga tersedia di tipe RS CVT. Hal tersebut memungkinkan Mobilio untuk mendapat 5 bintang dalam crash test ASEAN NCAP, mengingat VSC adalah salah satu syarat untuk menggondol 5 bintang.

Soal harga, Honda Mobilio 2017 dilepas ke pasar dengan banderol Rp 189 juta untuk tipe S, Rp 210 juta dan Rp 221 juta rupiah untuk masing-masing tipe E M/T dan E CVT, 233 juta rupiah dan 243 juta rupiah untuk tipe RS M/T dan RS CVT.

 

About Andra Febrian 80 Articles
Kenal dunia otomotif sejak 2006 dan mulai menulis dari 2012. Katanya jago photoshop, dan kurang paham mobil mahal.