Move On Dari Dieselgate, VW Perkenalkan Mobil Listrik Budd-e

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

image

AutoPlusID.com – Demi memperbaiki nama baik perusahaan, Volkswagen AG memperkenalkan mobil konsep baru mereka yang terinspirasi dari mobip legenda mereka, VW Combi/Microbus, namun dengan bahan bakar listrik.

MPV masa depan ini diberi nama Budd-e yang merupakan permainan kata karena kalau dibaca jadi ‘Buddy’ yang artinya kawan. Pabrikan asal Wolfsburg, Jerman ini memamerkan Budd-e di gelaran CES 2016, dan tahun depan akan segera dirilis. Tentunya dengan bentuk yang lebih realistis dan siap produksi.

image

Nah, Budd-e ditenagai dua motor listrik yang masing-masing bertugas memutar dua roda, sehingga mobil ini berpenggerak AWD. Motor listrik tersebut diberi suplai listrik dari baterai 101 kWh yang bisa meluncurkan Budd-e hingga top speed… 150 km/jam. Pelan memang, tapi siapa juga yang mau greget bawa mobil listrik MPV ngebut di tol Jagorawi atau sirkuit Sentul, misalnya.

image

Baterai tadi bisa diisi 80% hanya dalam waktu seperempat jam alias 15 menit bila diset ke mode quick charging. Tapi di mode normal perlu waktu berjam-jam. Kecepatan ngecasnya itu cukup cepat, karena smart fortwo listrik dengan mode quick charging perlu 1 jam dan dapat merusak baterainya.

Baterai ini pun bisa dipakai buat gardu listrik untuk ngecas dan menyalakan peralatan elektronik anda, misalnya laptop, smartphone dan bahkan gitar listrik, seperti yang ada pada gambar yang dirilis VW. Budd-e pun bisa diconnect dengan smart home atau smart office. Canggih amat.

image

About Andra Febrian 80 Articles
Kenal dunia otomotif sejak 2006 dan mulai menulis dari 2012. Katanya jago photoshop, dan kurang paham mobil mahal.