Nissan Kicks Diperkenalkan, Siap Tempel HR-V dan C-HR

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

AutoPlusID.com – Belakangan ini banyak terlihat produsen mobil yang mengeluarkan SUV dan crossover baru, mengikuti trend serta mengakomodasi pertumbuhan penjualan SUV/crossover di seluruh dunia. Ini juga yang melatarbelakangi nongolnya saudara Juke, Nissan Kicks setelah muncul teasernya.

Diperkenalkan di Instagram sebelum tanggal peluncuran pada 2 Mei 2016, Nissan Kicks nantinya bakal didaulat menjadi kendaraan resmi Olimpiade 2016 yang akan dihelat di Rio de Janeiro. Secara positioning dengan Juke, Kicks agak aneh karena lebih bongsor dari Juke, sedangkan harganya lebih murah dan menggunakan platform Nissan March. Kalau dilihat dari mesin, ia sama saja dengan Juke (untuk pasar global) dengan mesin 1.600 cc.

Nissan-Kicks-instagram-reveal-4

Desain eksteriornya sungguh stand out dan mirip dengan versi konsepnya, dengan fitur desain mirip MINI mengingat Kicks punya warna atap yang beda dengan warna bodi, pilar A dihitamkan plus aksen floating roof di pilar C. Dari depan, gril trapesium besar ala Nissan mendominasi seluruh fascia, sehingga terlihat stand out.

Dari bagian samping, ini sejujurnya mengingatkan kami pada profil samping Hyundai Creta, salah satu kompetitornya. Tak apalah, kemiripan desain merupakan hal wajar di dunia otomotif. Buritannya didesain landai dan sekilas mirip Nissan X-Trail terbaru, terutama pada bagian tempat nomor polisinya.

Nissan-Kicks-instagram-reveal-12

Foto interior serta spesifikasinya belum diungkap oleh Nissan, namun seperti kami sebut sebelumnya sudah terendus Kicks akan dipasangi mesin 1.600 cc naturally aspirated 110 hp yang bisa diisi dengan bahan bakar bensin serta etanol. Pilihan transmisinya ada 5-speed manual atau X-TRONIC CVT. Diluar Amerika Latin sebagai benua debut, Nissan bisa saja menawarkan pilihan mesin lain seperti 1.500 cc atau 2.000 cc.

Pertama-tama, Nissan Kicks baru akan diproduksi di pabrik Nissan di Aguascalientes, Meksiko. Baru selanjutnya akan diproduksi di Resende, Brazil dimana Nissan telah menginvestasikan 210 juta dolar (2,78 triliun rupiah) untuk membangun pabrik di Resende.

Nissan-Kicks-instagram-reveal-7

Kicks berpotensi masuk Indonesia, mengingat pasar crossover di Tanah Air cukup besar. Prediksi kami, tinggal tunggu waktu saja. Yang pasti, mengikuti peraturan pajak di Indonesia, maka Kicks bakal menyandang mesin 1.500 cc seperti Juke dan Grand Livina.

About Andra Febrian 80 Articles
Kenal dunia otomotif sejak 2006 dan mulai menulis dari 2012. Katanya jago photoshop, dan kurang paham mobil mahal.