Perkenalkan Pesaing Prius, Hyundai Ioniq

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

image

AutoPlusID.com – Kami amati enam atau tujuh tahun belakangan nampaknya Hyundai melakukan ekspansi yang besar-besaran. Ekspansi yang dilakukan lebih ke kualitas, jadi secara mobil-mobil Hyundai mengalami peningkatan di seluruh aspek.

Selain itu Hyundai juga melakukan ekspansi produk, sehingga produsen Korea Selatan tersebut mencoba men-cover seluruh level. Untuk menyaingi Audi, BMW dan Mercedes-Benz misalnya, mereka menelurkan nerek baru yakni Genesis.

image

Kembali ke topik, populernya Toyota Prius di belahan bumi bagian barat membuat Hyundai juga mencoba men-cover kelas tersebut. Hyundai akhirnya memperkenalkan Ioniq yang akan resmi dijual pada Geneva Motor Show.

Ioniq akan ditawarkan dalam tiga pilihan mesin, yaitu full listrik, plug-in hybrid dan hybrid konvensional. Layaknya Prius, Ioniq didesain dari awal sebagai mobil ramah lingkungan. Ditenagai mesin 1.600 cc Kappa GDi yang bertenaga 103 hp. Kecil memang, tapi belum termasuk motor listrik magnet yang memberi tenaga tambahan sebesar 45 hp.

image

Yang menarik, Ioniq diberikan bahan aluminium di beberapa bagian seperti bonnet, bagasi dan di beberapa bagian kaki-kaki demi menurunkan berat badan 12,6 kg. Tak signifikan memang.

Lalu mobil ini diberikan baterai polimer lithium-ion yang punya keunggulan bisa mengisi daya alias ngecas dengan cepat. Baterai tersebut juga dipasang di tempat yang rendah biar handling mobil tidak terganggu. Hyundai memang nempromosikan Ioniq dengan klaim ‘pengendaraan dinamis dan pengendalian di intinya’.

Kami rasa Hyundai yang satu ini tak akan masuk Indonesia, mengingat penjualan Toyota Prius di Tanah Air saja biasanya kurang dari 10 unit per bulannya. Untuk Hyundai bisa-bisa nol, dan saat ini sayangnya pabrikan Korea tersebut lagi kehilangan taringnya di Indonesia.

image

About Andra Febrian 80 Articles
Kenal dunia otomotif sejak 2006 dan mulai menulis dari 2012. Katanya jago photoshop, dan kurang paham mobil mahal.