Review : Toyota Alphard ANH30 (Generasi 3)

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

AutoPlusID.com – Hello! Kali ini kami kembali dengan membawa review mobil yang menjadi impian banyak orang di Indonesia, bahkan menjadi simbol status kaum the have di sini.

Ya, Toyota Alphard.

 

Exterior

images

Sebagai Luxury MPV, sudah seharusnya ia memiliki gurat desain yang mewah dan gagah. Menurut kami, front fascia Alphard terganggu oleh grilnya. Iya, gril yang krom-kroman itu. Model bumper juga menurut kami kurang gagah. Selain itu, di foto ini lambang Alpha diganti menjadi lambang Toyota. Kami tidak suka, karena menghilangkan gagah-gagahnya Alphard baru ini. Tenang saja, di sini Alphard tetap memakai lambang Alpha kok. Headlamp depan yang besar dapat memuat projector di dalamnya.

Tampilan samping terlihat futuristis dengan kaca samping yang terkesan saling menyambung. Ditambah lagi garis bodi yang tidak saling berbenturan. Pelek pun terkesan mewah dan mahal karena two-tone colournya. Good job, Toyota-san!

g_2

Tampak belakang Alphard juga terlihat mewah dengan sentuhan lampu LED dan chrome yang tidak terlalu over. Ciri khas Alphard juga tetap ada, yaitu wiper tersembunyi di balik kaca belakang. Namun kalau kami boleh minta, itu tail lamp digeser dikit aja ke bawah. Hehehe..

Design : 8/10

Interior

2015-Toyota-Alphard-interior-dashboard-Japan

Wow. Wow. Interiornya benar-benar huge leap alias lompatan besar dari Alphard sebelumnya. Hampir tidak ada yang sama mungkin. Kami benar-benar suka desainnya, terkesan mewah dan canggih. Built quality? Tidak perlu dipertanyakan, pasti superb dibandingkan dengan Toyota-Toyota lain. Namun kami kadang masih menemukan jahitan kulit di joknya yang meleset alias miring. Kulit jok halus dan teksturnya lembut, di beberapa panel juga ada rubber finish/softpad yang empuk. Tombol di dashboard juga tidak terlalu banyak, meminimalisir tombol biar gak ribet.

g_7

Nah. Duduk di Alphard bagusnya disini. Jangan di depan, nanti dikira sopir atau bodyguard. Jangan tanya enaknya, dijamin enak lah, ini kan Luxury MPV. Elektrik pula joknya. Dijamin tidur, tinggal cari sopir yang halus nyetirnya. Footrest tinggal disetel elektrik. Enaknya..

Legroom kami jamin, super lega. Apalagi kalau slidingnya mentok ke belakang. Headroom? Jelas, ini kan mobil kotak-kotak versi mewah. Pasti lega. Baris ketiga masih sangat manusiawi untuk dihuni 2 manusia.

g_8

Fitur ambient light juga ada di Innova baru, jadi nggak terlalu keren jadinya. Tapi, di Alphard kita bisa mengganti-ganti warnanya seperti ini.

g_9

See? Kelihatan keren kan.. Bisa diganti berbagai macam warna, tergantung mood dan kemauan Anda.

Interior : 9/10

Handling and Performance

Well, untuk handling, Alphard kami beri nilai 6.

Alasan? Handling Alphard terasa hambar, ditambah body roll yang besar pula. Damping suspensi yang empuk juga menurunkan kualitas handling. Tes di JORR ke Tol Jakarta-Serpong berupa tikungan parabolik membuat kami tahu bahwa body roll Alphard sangat mengganggu handling.

Mesin Alphard baru berkapasitas 2,5 liter, sama seperti Camry. Powernya cukup untuk menbopong body Alphard yang besar itu. Mau power lebih ambil yang 3,5 liter. Biaya bensin ikut membengkak juga ya.

Konsumsi bbm Alphard cukup baik. Ini berlaku untuk yang 2,4 ya. Yang 3,5 lumayan minum bensinnya. So tinggal pilih, mau performa apa irit?

Handling and Performance : 6/10

Comfort and NVH

Soal kenyamanan dan noise, Alphard sangat mantap. Kenyamanan bisa buat Anda tertidur sepanjang perjalanan. Tinggal atur ke posisi yang enak, lalu tidur. Nggak percaya? Coba deh..

Noise dari luar sangat minim. Road noise hanya sedikit yang masuk ke kabin. Suara ban juga tidak bising. Good!

Untuk rattling pada bagian interior, kami mengetes dengan mencoba berbagai Alphard lama. Hasilnya, Alphard-Alphard tersebut tidak ada yang rattling sama sekali. Wow.

Comfort and NVH : 9/10

Overall

Menurut kami, Alphard adalah mobil yang cocok jika Anda senang disopiri dan jarang mengemudi sendiri. Comfortnya sangat baik untuk mobil seharga 1,6 miliar (3,5 Premium Lounge). Bagi anda kaum the haves, mobil ini adalah simbol status Anda selain mobil-mobil supercar dan eksotis.

Overall : 8/10

Stay tune di AutoPlusID.com untuk review dan berita otomotif selanjutnya. See ya!

About Veyvez Zatha 29 Articles
Petrolhead alias reviewer mobil yang nyasar ke dunia hitung-hitungan alias matematika. Penggemar sejati air-cooled Porsche. Cari dia di Instagram @veyvez