Spesifikasi All New Freed 2017 Diumumkan, Bedah Yuk!

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

AutoPlusID.com – Honda Jepang memang sudah menyebar teaser All New Freed sejak bulan Juni silam. Namun, mereka baru saja mengumumkan spesifikasinya sekaligus menjualnya hari ini, 16 September khusus di Jepang saja. Mobil yang mulai dijual mulai 1,88 juta yen (Rp 214 juta) ini menawarkan berbagai keunggulan yang memikat, semua itu dilakukan demi melawan pesaing beratnya di Jepang (kelak juga di Indonesia), Toyota Sienta.

Freed 2017 ini dibagi tiga secara konfigurasi bangku. Pertama, Freed biasa dengan format bangku seperti Freed yang biasa kita jumpai di Tanah Air. Kedua, Freed+ dimana Freed hanya merupakan MPV 5-seater. Dalam kata lain, tak memiliki bangku baris ketiga. Kursi model king & queen atau captain seat yang ada di Freed biasa pun digantikan dengan jok model bench biasa. Ketiga, Freed untuk disabled, dimana kursi roda bisa masuk dengan mudah di Freed tipe ini.

Lalu, dalam hal mesin, All New Freed ini di Jepang dibagi dua, yakni mesin bensin biasa dengan format 1.497 cc direct injection DOHC i-VTEC dan mesin hybrid 1.5 Atkinson cycle DOHC i-VTEC dengan SPORT HYBRID i-DCD. Freed bermesin bensin diklaim memiliki efisiensi bahan bakar 19 km/l, dan versi hybrid diklaim mencapai 27,2 km/liter.

Untuk penggerak, aha. Freed ditawarkan dengan konfigurasi FWD dan AWD. Mobil berpenggerak empat roda memang sudah lazim dijual di Jepang dalam bentuk bodi apapun, mengingat kondisi salju disana cukup ganas.

Soal desain eksterior, Freed menawarkan tampilan yang lebih segar walaupun lebih kaku dari Freed generasi sebelumnya. Bisa saja, Freed membidik kaum yang benci tampilan super-uniknya Sienta agar beralih ke Freed yang lebih konvensional secara desain.

Di bagian muka, tak lain dan tak bukan seperti mobil-mobil Honda yang sebelumnya dengan ciri khas Solid Wing Face. Lampu depannya sudah menganut DRL LED, bahkan Honda menawarkan opsi Full LED bagi anda yang mau penerangan yang lebih mumpuni. Cuma yang kami persoalkan adalah hilangnya foglamp yang biasanya menghiasi bumper depannya. Kemungkinan hanya di market Jepang tidak diberi foglamp.

Bagian sampingnya seakan Freed lama yang dimodernisasi – sekaligus dibikin lebih kaku. Yang menarik di bagian sini ialah pengunaan kaca segitiga di dekat spion yang cukup besar, sehingga memperjelas visibilitas pengemudi. Adapun kaca belakang untuk penumpang baris ketiga dibuat lebih fresh bentuknya.

Bagian belakang adalah bagian yang paling kentara perubahannya dibandingkan Freed yang lalu-lalang di jalan saat ini. Ada stoplamp yang kata orang mirip Ertiga. Lalu, ada reflektor yang berbentuk seperti lubang udara di bumper. Overall, not bad.

Sampailah kita di bidang unggulan Freed, yakni interior plus akomodasinya. Untuk dasbor, walaupun lebih kaku lagi-lagi kesan modern terpancar kuat dari Freed baru ini. Tapi sayang beribu sayang, desain dasbor yang dulu bisa digunakan sebagai meja makan, di Freed 2017 desain open cafe tadi disamarkan, menyisakan lubang penyimpanan di sisi penumpang. Kami yakin, paling tidak untuk Freed JDM ini kualitas interiornya sangat baik.

Di tengah-tengah dasbor tersebut, terpampanglah head unit touchscreen berukuran cukup besar, dinamai Inter-Navi. Inter-Navi ini jelas sudah memiliki fitur navigasi dan dapat memutar TV, radio, CD/DVD, HDMI, USB, Bluetooth dan support Apple CarPlay. Suaranya disalurkan ke 6 speaker yang ada di Freed. Selain itu, elemen yang memberi kesan modern adalah setir yang penuh tombol, tuas transmisi yang mirip di pesawat luar angkasa di kartun-kartun, dan speedometer digital yang terletak sejajar dengan mata pengemudi.

Speedometer ini menarik, dimana warna aksennya dapat anda kostumisasi sendiri. Pilihan warnanya mulai dari ungu, pink, amber, kuning, biru dan merah. Cocok bagi anda yang moody dan ingin punya suasana berbeda. Ada yang menarik di tombol-tombol AC-nya. Bila anda ingin menaikkan suhu, makan warna lampu LED yang ada di sekitar tombolnya berubah warna menjadi merah. Begitu pula bila suhu diturunkan, cahaya warna biru memancar darinya. Intuitif.

Fitur keselamatan yang paling diunggulkan di Freed ini adalah Honda SENSING, yang dapat mengenali halangan yang ada di depan mobil. Selain itu untuk tipe teratas sudah dilengkapi 10 airbag, 6 diantaranya adalah curtain airbag dari kaca depan samping hingga belakang samping. Ada pula cruise control, serta ABS, EBD dan TCS. Fitur lainnya sudah mencakup AC plasma, pemanas, pintu geser elektrik, smart key, sun shade, kaca super-UV cut, serta opsi lampu depan-belakang LED.

Ada banyak kombinasi warna yang bisa dipilih untuk Freed dan Freed+. Kami sih berharap saat diluncurkan di Indonesia kelak, Honda bersedia memilih beberapa kombinasi warna untuk dijual. Hal ini sudah dilakukan Toyota Indonesia untuk Sienta.

Honda mengklaim telah membuat kabin Freed lebih lega dari generasi pertama dengan jarak antar baris jok bertambah hingga 9 cm untuk memastikan legroom yang lebih lega. Untuk tipe Hybrid, tak perlu khawatir soal penempatan baterai yang mengancam kelegaan kabin, karena Honda kini menaruhnya di kolong jok baris pertama, berbeda dengan Freed Hybrid lama yang baterainya di bawah jok baris ketiga.

Freed juga menawarkan kebebasan konfigurasi bangku yang sangat tinggi. Untuk Freed tanpa plus, anda dapat melipat bangku baris ketiga keatas bila butuh space, dan kalau masih kurang bangku baris kedua juga dapat dilipat kedepan. Itu sih biasa. Yang menarik adalah bagaimana jok dari depan sampai belakang bisa direbahkan sedemikian rupa untuk membentuk tempat tidur atau paling tidak tempat rebahan santai.

Freed+ lebih menarik lagi. Jadi pintu bagasi belakangnya punya batas bawah yang lebih rendah, sehingga memudahkan anda untuk mengangkat barang besar. Bukan cuma itu, bagasinya memiliki dua tingkat, namun bisa dijadikan satu tingkat bila anda butuh space ekstra. Di bagian dinding bagasi juga disediakan sepuluh gantungan barang yang dapat anda buka-tutup.

Freed+ juga lebih ahli bila anda menginginkan tempat rebahan santai. Bangku baris kedua dilipat, anda segera mendapatkan permukaan yang rata (walaupun tidak empuk). Konfigurasi ini juga bisa anda gunakan untuk memuat sepeda atau barang-barang tinggi lainnya.

Untuk tempat penyimpanan, untuk Freed sudah tidak usah ditanya. Dimanapun anda memandang di interior Freed, anda selalu akan menemukan tempat penyimpanan. Bentuknya beragam, mulai dari kantong jok, laci, meja, serta cup holder. Tercatat ada total 16 tempat penyimpanan di penjuru Freed.

Honda juga menyediakan sejumlah pilihan kostumisasi, dari luar sampai dalam. Paket aksesoris Modulo sudah tersedia di Jepang, sehingga anda dapat memberikan new look pada Freed.

Honda Freed di Jepang dijual dengan 9 pilihan warna bodi. Mobil ini dibanderol mulai 1.880.000 yen (sekitar Rp 241 juta) sampai 2.748.200 yen (sekitar Rp 353 jutaan).

About Andra Febrian 80 Articles
Kenal dunia otomotif sejak 2006 dan mulai menulis dari 2012. Katanya jago photoshop, dan kurang paham mobil mahal.