Test Drive : Mini Cooper S Clubman, The Hypebeast Of Mini

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

AutoPlusID.com – Normal adalah kata yang tidak pernah ada dalam kamus Mini. Hal tersebut juga berlaku pada Mini Clubman sebuah Estate kebanggaan dari Tanah Oxford ini memiliki desain yang tak lazim seperti umumnya estate yang multifungsi tanpa ada perbedaan yang intrinsik, pada awal kehadirannya mobil ini hanyalah sebuah Mini yang berfungsi untuk mengangkut barang dengan fungsionalitas yang baik. Tapi fungsionalitas yang baik tersebut tidak hanya sampai ke situ saja sehingga para desainer Mini berpikir bahwa fungsi tersebut harus punya rasa emosional yang kuat sehingga memberikan ketertarikan tersendiri saat orang melihatnya. Oleh karena itu, Clubman berkode F54 ini berhasil memikat kami dengan bahasa desain tersebut, karena desain keseluruhan mobil ini seakan-akan mengalir dengan lembut dan sangat cantik, bahkan untuk mini berkategori lima pintu Clubman merupakan varian di jajaran Mini yang paling cantik dan spesial.

Tidak ada kompromi bagi Desain Eksterior dari Clubman ini, Desainnya memang sama seperti semua Mini, Namun bentuk dari Clubman ini terasa unik dengan karakter yang natural dan sangat ideal.
Tidak ada kompromi bagi Desain Eksterior dari Clubman ini, Desainnya memang sama seperti semua Mini, Namun bentuk dari Clubman ini terasa unik dengan karakter yang natural dan sangat ideal.

Walaupun begitu, dibagian depan dari mobil ini bagi orang awam pastinya akan sama, tetapi attention to detailnya boleh dibilang cukup berbeda, belum lagi pada setiap sudutnya ada overfender yang memberikan kesan gagah tanpa mengurangi kecantikan dari desain Clubman ini. Selain itu, penggunaan Ban Bridgestone Potenza S001 dengan profil 225/40/R18 yang besar juga menambah kesan gagah dan senada dengan warna mobilnya.

Guratan desain samping dan belakang, merupakan bagian terunik sekaligus juga membuat Clubman kian spesial diantara semua varian dari Mini
Guratan desain samping dan belakang, merupakan bagian terunik sekaligus juga membuat Clubman kian spesial diantara semua varian dari Mini

Jika Clubman dengan bodi R55 mempunyai konfigurasi suicide di samping, kini berbeda dengan F54 karena untuk pertamakalinya Clubman generasi ketiga ini menjadi lima pintu yang seakan membuat mobil ini kian praktis. Saat ini suicide doors dari Clubman hanya ada di bagian belakang, namun itu bukan hal yang buruk karena keindahan guratan desain Clubman generasi ketiga ada dibagian belakang, bahkan kami rasa desainnya juga yang paling berbeda dan pasti akan dilirik orang jika berada di jalan raya. Desain keseluruhan mobil ini bagi kami melompat sangat jauh, bahkan Clubman R55 bagi kami sudah terasa sangat membosankan, jika disandingkan dengan F54.

Desain Eksterior yang menawan, juga ditunjang dengan Interior yang mewah dengan Attention to Detail yang sangat cantik
Desain Eksterior yang menawan, juga ditunjang dengan Interior yang mewah dengan Attention to Detail yang sangat cantik

Desain dari Interior Mini Clubman ini mempunyai desain yang tidak hanya nyentrik, tetapi berkelas. Desain berkelas tersebut kami rasakan pada kualitas material yang sangat baik dan penggunaan warna yang unik sehingga karakter dan bahasa desain interior dari Clubman ini terasa emosional, bahkan kalo seandainya Mini harus memilih varian mana yang interiornya dirancang oleh desainer kelas dunia atau dari brand Hypebeast seperti Supreme, kami berani bilang jika Clubman adalah varian yang paling layak, bukan tidak mungkin nanti ada Mini X Supreme. Di dalam Interior Clubman ini juga dilengkapi oleh Instrumen tengah dengan Mini Connected yang dapat menghubungkan Gadget dan layanan interface dari Mini yang ditunjang dengan Audio dari Harman Kardon yang mempunyai suara yang boleh dibilang pas untuk kendaraan semewah Mini.

Untuk posisi duduk dari Clubman ini sangat ergonomis dan cukup rileks karena sudah dilengkapi oleh Kursi elektrik dengan pengaturan 8 arah beserta Memori, belum lagi penyangga paha nya juga dapat dipanjangkan sehingga kami merasa Clubman ini punya karakter yang berbeda dengan Mini yang lainnya. Stirnya juga dapat diatur baik Tilt maupun Teleskopik untuk memberikan jangkauan yang baik disaat perjalanan. Pada baris kedua mobil ini, kami merasa inilah Mini yang paling Manusiawi saat berada menjadi Penumpang, karena terasa propper dan ruang maupun akomodasinya dapat dikatakan cukup untuk menampung 5 orang dewasa untuk perjalanan di perkotaan ataupun sesekali untuk keluar kota. Memang tidak ada yang spesial selain hadirnya Panoramic Sunroof, tapi setidaknya anda merasakan go-kart feel dengan penuh kebersamaan.

Mesin empat silinder Twin Power Turbo ini siap memacu Adrenalin anda dengan rasa Go-Kart Feel yang mengesankan
Mesin empat silinder Twin Power Turbo ini siap memacu Adrenalin anda dengan rasa Go-Kart Feel yang mengesankan

Berbicara soal performa, Mini Clubman S ini dibekali mesin empat silinder Twin Power Scroll Turbo dengan kapasitas mesin 1.992 cc dengan tenaga 190 Hp pada 6000 RPM serta torsi 280 NM sejak putaran mesin 1.250 RPM yang disalurkan ke roda depan dengan transmisi otomatis delapan percepatan yang dilengkapi oleh tiga mode berkendara dari Green, MID hingga Sport. Dalam hal berkendara, Clubman ini mempunyai karakter yang sangat kuat dalam hal performa mesin, tenaga juga seakan-akan terus mengisi disetiap putaran dan cenderung linear, karakter go-kart feel khas Mini dengan karakter pengendalian yang tajam dan sangat presisi juga masih sangat terasa di Clubman ini, namun dalam kadar yang jauh lebih moderat dan sedikit lebih lembut sehingga terasa bahwa mobil ini sangat cocok jika digunakan harian sekalipun, walaupun memang ia tidak bisa dibilang empuk juga. Untuk soal akselerasi mobil ini mampu melaju ke 100 Km/Jam dalam 7 detikan yang juga didukung oleh kehadiran Launch Control di mobil ini, dan untuk konsumsi bahan bakar dari Clubman ini ia sanggup mencetak angka 10,1 Km/L di dalam kota dengan kecepatan rata-rata 19 Km/Jam dan di rute bebas hambatan dengan kecepatan rata-rata 90 Km/Jam ia berhasil mencetak angka 16,2 Km/L.

Selain varian mesin ini, Mini juga memberikan opsi mesin tiga silinder 1.500 cc dengan tenaga 136 Hp dan Torsi 220 Nm dengan transmisi otomatis enam percepatan dengan harga yang lebih terjangkau. Namun, jika varian S masih kurang untuk anda yang penggila kecepatan, tersedia varian John Cooper Works yang dapat dipesan secara khusus.

Mini Clubman LowRes5

Dapat kami simpulkan bahwa Mini Clubman ini merupakan Mini dengan desain yang paling cantik, mewah dan beremosional tinggi tanpa mengurangi fungsi dan logika yang ada. Dengan harga yang mencapai hampir 1 milyar akan menjadi penghadang saat ingin memutuskan untuk membeli Clubman ini. Tetapi, Mini adalah produk yang spesial dan tidak bisa dijadikan sebagai pembanding dengan produk Estate yang sejenis sekalipun,  jika kami membandingkan dengan Countryman maupun Cooper S lima pintu, maka Clubman ini merupakan pilihan yang paling menarik diantara keduanya, terutama Jika anda menginginkan sebuah Mini yang mempunyai rasa emosional dan cinta akan mahakarya yang spesial tanpa mengorbankan fungsi dan karakter dari Mini sekalipun.

About Reyhan Apriathama 159 Articles
Seorang Test Driver penggemar yang suka dengan German Engineering dan masih berstatus single. Suka banget sama SUV dan Double Cabin apalagi buat kepentingan roadtrip.