Test Drive : Renault Koleos (Part 1), Desain dan Fitur

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Renault merupakan sebuah produsen asal negara Perancis yang cukup disegani, tak ayal reputasi juga membuktikan bahwa mobil ini memiliki branding yang sangat kuat saat berada di kompetisi jet darat. Namun, seiring sejarahnya Renault memiliki visi yang cukup kuat di masa depan sebagai salah satu kekuatan pasar otomotif dunia. Dengan visinya tersebut ia melakukan aliansi bersama dengan Nissan sehingga menjadi Renault Nissan Alliance. 

Renault Nissan Alliance merupakan program aliansi bersama dalam mengembangkan produk kendaraan penumpang kelas dunia dan siap dijual secara global.

Salah satu produk yang menjadi bagian dari aliansi strategis Renault Mitsubishi Alliance ini ialah Renault Koleos. Sejak diluncurkan pada 2007 silam pada generasi pertamanya, mobil ini mendapat sambutan yang sangat positif di Benua Eropa. Tidak hanya itu, mobil ini secara tidak langsung pada saat itu ia juga menggunakan basis yang serupa dengan Nissan X-Trail.

 Lalu, di 2016 silam Renault kembali meluncurkan Renault Koleos generasi kedua, namun yang cukup spesial ialah pendistribusian produknya, dimana mobil ini tidak dijual terlebih dahulu di benua asalnya yaitu Eropa, namun ia dijual terlebih dahulu di Asia Pasifik, saat itu peluncuran perdananya di negara Tiongkok dan diproduksi juga di sana dan di Korea Selatan melalui pabrik Renault-Samsung. Sepertinya alasan mengapa Renault memprioritaskan bagian Asia Pasifik dikarenakan pada waktu tersebut Renault sudah memiliki Renault Kadjar yang diposisikan dibawah Koleos, dan saat itu juga permintaan Renault Kadjar dapat dikatakan cukup tinggi sehingga Renault menunda peluncurannya di Eropa hingga musim panas 2017 ini. Lantas, bagaimana impresi kami terhadap Renault Koleos? Apakah ia memiliki kemiripan seperti Nissan X-Trail yang merupakan basis dari mobil ini? Mari kita simak.

Desain cantik dan atletis pada bagian depan mobil ini memunculkan stimulus karakter yang kekar
Desain cantik dan atletis pada bagian depan mobil ini memunculkan stimulus karakter yang kekar

Secara desain eksterior, betapa kami menghargai hasil karya desainer Renault yang membuat mobil ini terasa lebih kekar dan atletis berkat guratan garis yang sedikit mengkurva namun berkarakter tegas khas bahasa desain renault saat ini. Di bagian depan, terlihat bahwa grill yang besar tersebut juga sangat berkarakter. 

Pada bagian lampu utama, ia sudah dilengkapi oleh LED secara menyeluruh walaupun lampu kabutnya masih menggunakan halogen. Pada bagian samping terlihat guratan yang bergelombang yang membuat mobil ini terlihat maskulin dan berkarakter, alhasil desain bagian samping yang sangat berani membuat mobil ini terlihat berbeda dan pada saat pengetesan banyak yang bertanya-tanya pada mobil ini lantaran desainnya yang menarik.

Desain pada bagian belakang mobil ini walaupun terlihat cantik, namun tetap memiliki karakter yang tegas dan hal tersebut dapat terlihat melalui garis lampu LED yang sangat indah dikelasnya
Desain pada bagian belakang mobil ini walaupun terlihat cantik, namun tetap memiliki karakter yang tegas dan hal tersebut dapat terlihat melalui garis lampu LED yang sangat indah dikelasnya

Pada bagian belakang lampu mobil ini sangat menarik terutama pada bagian LED nya, bahkan guratan LED nya juga yang paling cantik dikelas SUV menengah. Memang walaupun terlihat sangat menarik kami akui mobil ini mengalami penggemukan badan jika dibandingkan Nissan X-Trail. Secara keseluruhan, desain dari mobil ini sangat menarik dan juga atletis, rasanya desainnya pun tidak ada satupun orang yang akan memperdebatkan. Tidak hanya itu, kesan konservatif yang terjadi di Nissan X-trail terasa sirna pada mobil ini.

Keindahan desain juga terasa hingga pada bagian interior yang modern minimalis namun dikemas secara mewah
Keindahan desain juga terasa hingga pada bagian interior yang modern minimalis namun dikemas secara mewah

Pada bagian interior, kemewahan dari mobil ini sudah sangat terasa sejak melihat desain interior mobil ini yang modern dan berkelas berkat penggunaan material empuknya di setiap sudut dan penyematan warna cokelat tua pada jok kulitnya juga memberikan aura kabin menjadi lebih mewah tanpa terlihat monoton sekalipun. 

Selain itu, di bagian instrumen tengah terdapat sebuah pusat multimedia yang diberikan Renault yaitu R-Link dimana fitur multimedia di mobil ini tergolong cukup sederhana pengoperasiannya dan sangat mudah untuk digunakan. Di dalam R-Link juga sudah dilengkapi navigasi satelit yang siap membantu anda untuk pergi kemanapun. 

Untuk menunjang kelengkapan multimedia yang ia miliki, mobil ini juga sudah dilengkapi speaker dari Bose yang siap memanjakan telinga anda dan suara dari mobil ini juga premium. Tidak hanya multimedia saja, R-Link juga merupakan pengaturan di mobil ini termasuk lampu illuminasi yang dapat diganti dalam 5 warna dan speedometer dapat disesuaikan juga.

Posisi duduk mobil ini tergolong sedikit lebih tinggi, namun tetap dalam posisi yang ergomonis
Posisi duduk mobil ini tergolong sedikit lebih tinggi, namun tetap dalam posisi yang ergomonis

Untuk posisi duduk dari mobil ini, ia dibuat sedikit lebih tinggi dibanding Nissan X-Trail saudaranya, walaupun begitu ia sudah dilengkapi pengaturan kursi elektrik di kedua jok bagian depan sehingga dapat diatur sedemikian rupa. 

Pada bagian baris belakang, mobil ini memiliki legroom dan headroom yang sangat lega, belum lagi hadirnya panoramic sunroof juga memberikan aura luas pada kabin ini, namun fleksibilitas yang diberikan menjadi berkurang lantaran mobil ini tidak dapat direbahkan dan posisinya juga tergolong tegak, andaikan bagian baris kedua mobil ini diberikan pengaturan untuk sedikit direbahkan, maka posisi duduk pengemudi dan penumpang menjadi sempurna.

Legroom dan Headroom sangat lega, sayangnya jok belakang ini tidak dapat direbahkan sehingga mengurangi fleksibilitas
Legroom dan Headroom sangat lega, sayangnya jok belakang ini tidak dapat direbahkan sehingga mengurangi fleksibilitas

Secara desain baik eksterior dan interior kami harus acungi jempol untuk mobil ini, karena mobil ini melampaui ekspektasi kami. Secara fitur pun mobil ini tergolong lengkap untuk sebuah Medium SUV karena mobil ini memiliki segudang fitur seperti AC dual zone, power back door dan juga touchless yang dimana hanya dalam tendangkan di bagian sensor maka mobil secara otomatis akan membuka, lock away entries yang dimana saat anda berburu-buru pergi maka dengan sendirinya mobil tersebut akan mengunci secara otomatis, kantung udara berjumlah tujuh buah, dan fitur keselamatan aktif baik kontrol kestabilan dan traksi sudah tersedia walaupun tidak dapat dinonaktifkan.

Artikel ini bersambung ke bagian dua.

 

About Reyhan Apriathama 159 Articles
Seorang Test Driver penggemar yang suka dengan German Engineering dan masih berstatus single. Suka banget sama SUV dan Double Cabin apalagi buat kepentingan roadtrip.