GIIAS 2016 : Yuk, Bernostalgia Bersama All New Suzuki Jimny!

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

AutoPlusID.com – Masih ingat dengan Suzuki ‘Katana’ Jimny? Ya, SUV mungil nan tangguh yang pernah booming di era 70-80an yang hingga saat ini masih memiliki banyak penggemar fanatik. Nah, setelah sekian lama tak ada penerusnya di Indonesia, bertepatan dengan event Giias 2016 ini, Suzuki kembali mengajak para Die hard jimny untuk bernostalgia dengan mendatangkan satu unit Suzuki All New Jimny berkelir silver terang secara CBU dari Jepang. Perhatikan baik baik tampangnya, sudah sangat jauh terlihat modern dari ‘Katana’ jimny lawas. Tapi tetap desain ini sangat terlihat kaku apabila dibandingkan dengan mobil tahun 2016 pada umumnya.

28933731395_23438de9da_k

Sama sekali tak nampak guratan tajam dari bahasa desain Jimny ini, hanya terlihat beberapa tarikan garis horizontal dari depan hingga belakang bodi. Dan apabila anda mengamati secara detail akan ada beberapa ciri khas ‘Katana’ Jimny yang tertinggal antara lain model kaca belakang dan hadirnya lampu bawah meskipun itu hanya berfungsi sebagai reflektor saja. Oh iya, anda juga perlu ingat bahwa di mobil ini sama sekali tak ada fitur ala masa kini seperti lampu led atau bahkan kamera mundur. Bahkan engsel pintu bagasi masih diletakkan diluar.

28867890571_9c8c0b2775_k

Velg kaleng? Ya, anda tak salah lihat karena memang unit yang datang ke GIIAS ini adalah varian standar yang masih menggunakan velg kaleng dengan model benar-benar terbuka dan tanpa embel-embel dop plastik. Terlihat  sepertinya rem belakang masih menggunakan rem tromol. Untungnya dari segi material velg yang digunakan tergolong baik dan sudah mensupport fitur All Wheel drive. Ban yang digunakan juga tergolong baik dengan merk Bridgestone. Sayangnya ban ini masih memiliki tapak biasa dan belum memakai tapak ‘pacul’ layaknya mobil 4×4.

28325193114_b324739a7e_k

Interior

Masuk ke interior, sebenarnya ada pemandangan yang cukup menggelitik, yaitu hadirnya transmisi otomatis pada Jimny yang notabene baru pertama kali Suzuki menghadirkan Jimny matik. Nuansa yang pertama terlihat adalah biasa. Kenapa biasa? karena semua didesain untuk fungsionalitas tanpa terlalu memikirkan faktor modernisasi. Sebagai contoh posisi mengemudi yang sangat tegak dan sangat tidak ergonomis, ditambah absennya seat height adjuster yang menambah ribetnya mencari posisi duduk ergonomis di mobil ini. Kualitas dashboardnya juga biasa saja, hanya plastik material keras dan Head unit seadanya walau sudah dalam bentuk 2 Din.

Namun, kelebihan dari Suzuki Jimny ini terletak pada interiornya. Karena mobil ini sangat tangguh, maka pastinya harus ada mode 4×4 untuk melakukan itu semua. Dan kini New Jimny dapat melakukan itu semua dengan satu sentuhan jari saja. Ada 3 pilihan mode penggerak yang bisa dipilih antara lain 2wd, 4wd, serta 4wd low. Lantas apa kegunaan 4wd low? 4wd low berfungsi apabila kita sedang melewati medan berat dan ingin menanjak dengan rpm rendah, maka mode ini sanggup menyediakan tenaga lebih meski dengan rpm rendah sekalipun.

28647092940_3e1be2b0b1_k

Kepraktisan & Keselamatan

Untungnya, faktor keselamatan tak di anak tirikan karena telah hadirnya 2 buah airbag, seatbelt 3 titik untuk seluruh penumpang, serta hadirnya headrest hingga ke baris kedua. Jika bicara soal kepraktisan, Jimny ini juga tak bisa dibanggakan karena tempat untuk menyimpan barang sangat sedikit, namun masih tersedia 5 cup holder ang menjamin seluruh penumpang pasti kebagian minum. Bagasinya pun tak lega-lega amat, karena dalam kondisi seluruh kursi tegak, asumsi kami ia hanya mampu memuat 3 koper ukuran sedang saja.

Kesimpulan

Apakah mobil ini Worth untuk dimiliki? Tunggu sebentar. Tadi siang saya sempat menanyakan kepada salah satu cabang dealer Suzuki bagaimana kepastian mobil ini di Indonesia. Info yang saya dapatkan bahwa jika Suzuki Jepang memberi lampu hijau, Jimny akan siap mengaspal oktober 2016 atau 2017 kuartal kedua dalam keadaan CBU jepang. Mau tahu harganya berapa? Mereka mengatakan bahwa estimasi harga apabila dipasarkan di Indonesia ada di kisaran 300-400 juta. Mahal? Banget, apalagi untuk orang yang awam dan tak terlalu tertarik dengan sejarah legenda off road.

Tetapi apabila anda adalah die hard Suzuki Jimny yang merindukan hadirnya generasi baru, ini tentunya menjadi angin segar karena tentunya dibandingkan Jimny versi lawas, dia pasti memiliki segudang kelebihan dan durabilitas yang lebih baik. Apalagi, Suzuki Jimny ini memang terkenal akan ketangguhannya melibas jalan off road. Maka tak heran apabila anda mampir ke sebuah event off road, pasti mayoritas mobil yang digunakan adalah Suzuki ‘Katana’ jimny. Sejujurnya kami tak sabar ingin mencoba langsung mobil ini di jalanan indonesia, semoga saja benar-benar dimasukkan ya ke indonesia. Bagaimana tanggapanmu? Komentar dibawah!

About Adrians Ramadhani 15 Articles
Seorang pemuda yang tertarik akan dunia otomotif dan teknologi yang dimulai saat ia duduk di bangku SD.